LPPT
Ketua LPPT UNAIR Drs. Eko Supeno saat memberikan sambutan dalam acara pelatihan. (Foto: Nuri Hermawan)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Meski terhitung sebagai lembaga baru di lingkungan Universitas Airlangga, Lembaga Pengembangan dan Pelatihan Terpadu (LPPT), Universitas Airlangga, terus melakukan berbagai upaya untuk turut serta mengantarkan visi misi UNAIR.

Ditemui usai membuka acara Training Intensif Profesional di salah satu hotel di Surabaya (10/4), Ketua LPPT UNAIR Drs. Eko Supeno, M.Si., mengatakan bahwa hadirnya LPPT, ke depan diharapkan menjadi embrio lahirnya sebuah pusat pelatihan yang dimiliki UNAIR.

Menurut Eko, sebagai institusi pendidikan tinggi yang sudah besar, UNAIR sudah selayaknya memiliki pusat pelatihan sendiri. Hal itu, menurut Eko, mengingat banyaknya para ahli dalam berbagai bidang yang dimiliki oleh UNAIR .

“Jika itu dikelola dengan baik, maka dapat memberikan manfaat melalui pelatihan kepada mitra yang membutuhkan,” ungkapnya.

Mengenai mekanismenya, dosen FISIP UNAIR itu mengatakan bahwa ada dua pola yang dilakukan. Yakni memberikan tawaran program pelatihan dan memenuhi permintaan pelatihan. Selanjunya, menurut Eko, dengan memberikan pelatihan, tidak hanya memberikan manfaat kepada mitra yang membutuhkan. Bahkan individu dan ahli yang dimiliki UNAIR akan turut berkembang.

“Apalagi semua aspek UNAIR punya, baik ekonomi, sosial, budaya, politik, kesehatan, kedokteran, dan ilmu alam. Ini sangat berpotensi dan bisa bermanfaat bagi UNAIR dan mitra

Selanjutnya, selain memberikan pelatihan, Eko juga menejelaskan berbagai fungsi adanya LPPT UNAIR. Antara lain, kerja sama dalam negeri, manajemen keahlian, pengembangan model dari hasi riset, dan konsultasi keahlian. Pada akhir, ia berharap, baik dari civitas akademika UNAIR maupun mitra agar bisa merasakan manfaat dari hadirnya LPPT.

“Sebagai awal, LPPT memang harus berani untuk terus memulai. Memang  itu tidak mudah dan ini menjadi tantangan tersendiri untuk bisa terus ada,” ujarnya. “Dan kami berharap untuk semua civitas dan mitra bisa bergabung dengan LPPT. Bersama kita bisa,” pungkasnya. 

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone