Polrestabes
Kapolrestabes Surabaya dengan seksama mengikui perkuliahan. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Sudah menjadi kewajiban bagi suatu institusi pendidikan tinggi untuk memberikan sumbangsih berupa ilmu pengetahuan kepada seluruh elemen masyarakat. Tak terkecuali kepada jajaran kepolisian. Mengenai hal itu, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Airlangga bersama Polrestabes Surabaya menggelar kuliah kehumasan yang dilangsungkan pada Selasa (10/4).

Kuliah kehumasan yang dihadiri oleh humas hingga Kapolsek di lingkup Polrestabes Surabaya itu ditujukan untuk memberikan wawasan seputar kehumasan. Baik wawasan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun mekanisme menyikapi informasi di media. Kuliah yang dilangsungkan di Ruang Adi Sukadana FISIP UNAIR itu juga dihadiri oleh mahasiswa S2 Media dan Komunikasi UNAIR.

Dipandu serta diisi langsung oleh pakar komunikasi politik Dr. Suko Widodo, M.Si., kuliah tersebut dibuka dengan berbagai pernyataan Suko mengenai komitmen UNAIR dalam membantu meningkatkan kualitas SDM disemua lapis elemen masyarakat. Selain itu, dalam paparan materinya, Suko juga berharap bahwa jajaran Polisi di Kota Surabaya bisa lebih humanis dan ilmiah dalam menjalankan tugas sebagai pengayom masyarakat.

“Ini memang salah satu upaya kami untuk turut membantu meningkatkan kualitas SDM pihak kepolisian. Termasuk, ke depan kami akan mengupayakan memberikan beasiswa S2 bidang media dan komunikasi bagi para polisi yang berminat belajar,” tandasnya.

Menambahkan pernyataan Suko, Ketua Program Studi S2 Media dan Komunikasi UNAIR Dr. Santi Isnaini, S.Sos., dalam paparan materinya mengatakan, fungsi dari hubungan sebuah lembaga kepada masyarakat adalah kedekatan. Menurutnya, upaya meningkatkan kualitas pengetahuan mengenai kehumasan adalah cara untuk mendekatkan suatu lembaga kepada masyarakat.

“Perkuliahan yang singkat ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami, khusunya FISIP UNAIR dalam mendorong setiap intitusi termasuk Kepolisian,” terang Santi.

Ditemui pada kesempatan yang berbeda, Dekan FISIP UNAIR Dr. Falih Suaedi mengatakan bahwa pihaknya merespon baik adanya kuliah itu. Falih mengaskan bahwa ke depan, FISIP UNAIR akan terus berkomitmen untuk memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan melalui kuliah dan diskusi-diskusi kepada seluruh elemen masyarakat.

“Tidak hanya kepolisian dan materi kehumasan saja, ke depan kuliah yang mengangkat tentang politik, sosiologi, dan berbagai keilmuan yang kami miliki akan siap untuk diberikan,” ungkapnya.

Penulis: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone