Ilustrasi
Ilustrasi oleh Feri Fenoria
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Tata cara pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 dapat dilihat melalui video yang bisa diunduh mulai 29 Maret lalu. Perihal cara pendafataran SBMPTN tahun 2018 ada beberapa perbedaan dengan tahun lalu. Hal itu diungkapkan Dr. Imron Mawardi selaku Sekretaris Pusat Informasi dan Humas (PIH) Univesitas Airlangga seusai menghadiri rapat dengan panitia pusat di Jakarta.

Saat di temui disela kesibukannya pada Senin (2/4), Imron mengatakan bahwa pada tahun ini beberapa perbedaannya terletak pada penamaan ujian dan waktu pendaftaran. Jika tahun lalu, tambah Imron, penamaan SBMPTN dibagi menjadi paper based test (PBT) dan computer based test (CBT). Pada tahun ini, penamaan SBMPTN dibagi menjadi Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

“Tahun ini memang terjadi perbedaan dalam penamaan ujian SBMPTN,” ungkapnya.

Selain penamaan ujian, jadwal pendaftaran keduanya juga berbeda. Imron mengungkapkan bahwa pendaftaran UTBC akan dimulai pada 5 April mendatang. Sementara itu, untuk UTBK, pendaftarannya baru dibuka pada 18 April mendatang.

“Kalau tahun lalu, kan pendaftarannya bersamaan. Tahun ini dibedakan,” jelasnya.

Mengenai pendaftaran yang dibedakan, Imron menambahkan bahwa hal itu ditujukan untuk memberikan akses kepada peserta yang tahun ini mendaftar SNMPTN. Mereka bisa memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar UTBK.

“Kalau UTBK ini, dibuka bersama dengan UTBC.  Kasihan mereka yang tahun ini masih menunggu informasi hasil SNMPTN yang akan diumumkan pada 17 April. Selain itu, peserta yang mengikuti SNMPTN tahun ini tengah mengikuti UAN,” imbuh Imron.

Untuk mempermudah pembaca memahami alur informasi pendaftaran SBMPTN 2018, UNAIR NEWS menyajikan informasi dalam bentuk grafis seperti berikut:

Grafis SBMPTN
Grafis oleh Feri Fenoria

Penulis: Nuri Hermawan

Editor dan Grafis: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
  • Ornalis

    Maaf mau nanya.. itu kok beda yah informasi dalam bentuk grafis dan informasi dalam bentuk tulisan?
    Kalo di informasi dlm bentuk tulisan, katanya UTBK mulai tgl 5 april dan UTBCnya buka pada 18 april. Sedangkan informasi yang disajika dalam bentum grafis, disitu mengatakan bahwa UTBK dimulai tgl 18 april dan UTBC tgl 5 april.. jadi yg benar yg mana ini?? Aduh gak jelas