PSDKU UNAIR Terus Berbenah Lengkapi Fasilitas

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Fasilitas PSDKU
Pos Layanan Kesehatan PSDKU Universitas Airlangga Banyuwangi, Selasa (20/3). (Foto: Siti Mufaidah)

UNAIR NEWS – Secara bertahap, Universitas Airlangga terus melakukan pemenuhan fasilitas penunjang pendidikan lainnya. Terutama di kampus Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) UNAIR di Banyuwangi, baik untuk Kampus Giri maupun Sobo. Salah satunya, Pos Layanan Kesehatan (PLK) PSDKU yang resmi dibuka pada Selasa (20/3) di Kampus Sobo.

Sekretaris PSDKU UNAIR di Banyuwangi A. Agung Gede Satia Utama, SE., M.Si., Ak., mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan pengembangan PSDKU, termasuk soal fasilitas. Saat ini beberapa fasilitas untuk organisasi mahasiswa serta komunitas minat dan bakat terus dilengkapi.

Mulai kantin sehat, PLK, Pusat Kegiatan Kemahasiswaan (PKK), ruang kesenian, hingga laboratorium. Terdapat laboraturium komputer, epidemiologi, kesehatan keselamatan kerja, dan pembuatan media promosi kesehatan.

Ada pula laboratorium integrasi yang terdiri atas tiga ruangan besar. Yakni, untuk program studi kedokteran hewan dan budidaya perairan.

”Juga, gedung olahraga, penambahan ruang baca dan ruang dosen, serta gedung serbaguna (aula, Red),” ujarnya.

Agung Gede menambahkan, perbaikan yang terus didorong, khususnya fasilitas pendidikan, diharapkan mampu memberikan rasa nyaman kepada mahasiswa. Dengan begitu, kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

”Fasilitas kesehatan untuk sivitas akademika juga kami dorong. PLK (Pos Layanan Kesehatan, Red), misalnya. Kerja sama dengan Puskesmas Sobo Banyuwangi juga telah terjalin. Khususnya untuk hal pengelolaan,” jelasnya.

”Ini bakal dibuka selama lima hari. Mulai Senin sampai Jum’at. Dokter jaganya berasal dari puskesmas,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Program Studi Kesehatan Masyarakat PSDKU UNAIR di Banyuwangi Dr. H. Moh. Zainal Fatah, Drs., M.Kes., menyatakan bahwa dengan PLK tersebut, akses pelayanan kuratif bagi mahasiswa dan dosen diharapkan bisa lebih dekat. Bukan hanya layanan kuratif, melainkan juga layanan preventif harus bisa dilakukan.

”Rencananya, pos layanan kesehatan ini mulai difungsikan total pada akhir bulan maret ini,” sebutnya.

Di sisi lain, Nur Risca Azizah, salah seorang mahasiswa angkatan pertama, 2014, program studi Kesehatan Masyarakat PSDKU UNAIR di Banyuwangi, mengungkapkan kebanggaannya atas upaya pembenahan dan pelengkapan fasilitas itu. Dia berharap PSDKU dapat terus berkembang. Selain itu, mahasiswa diharapkan dapat mendukung upaya tersebut dengan capain prestasi, baik akademik maupun non-akademik.

”Bangga dengan PSDKU yang serius berbenah. Semoga semakin berkembang ke depan. Termasuk kami, dengan prestasi,” tuturnya. (*)

Penulis: Siti Mufaidah

Editor: Feri Fenoria

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu