Lewat LKMM-TD, Mahasiswa UNAIR Banyuwangi Latih Kemampuan Kepemimpinan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
PSDKU
Suasana LKMM-TD mahasiswa PSDKU UNAIR di Banyuwangi. (Foto: Doc. KM PSDKU)

UNAIR NEWS – Keluarga Mahasiswa (KM) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi kembali mengadakan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD). Bertempat di Aula Kampus Sobo PSDKU UNAIR di Banyuwangi dan Aula Minak Jinggo Kantor Bupati Banyuwangi, acara yang rutin digelar tiap tahun itu dilangsungkan selama tiga hari, yakni mulai hari Jumat (16/3) hingga Minggu (18/3).

Pada hari pertama, kegiatan dibuka langsung oleh Moh. Thohawi EP., drh., M.Si., selaku dosen program studi kedokteran hewan sekaligus aktifis organisasi PSDKU UNAIR di Banyuwangi. Selain itu, sebagai pemberi materi, paniti menghadirkan Darmawan Setia Budi S.Pi., M.Si., selaku dosen dan pembina organisasi Keluarga Mahasiswa PSDKU UNAIR di Banyuwangi.

Dalam paparannya, Darmawan memberikan berbagai wejangan tentang pentingnya mengikuti pelatihan serupa LKMM. Baginya, manfaat penting dari kegiatan LKMM antara lain untuk melatih jiwa kepemimpinan, membentuk karakter, mengembangkan kreativitas dalam berorganisasi, dan memberi bekal  soft skills generasi muda PSDKU. Hal itu, tambah Darmawan, ke depan mahasiswa PSDKU UNAIR Banyuwangi bisa menjadi lulusan yang berdaya saing tinggi.

“Membentuk pribadi berjiwa pemimpin memang tidak mudah, namun perlu disadari bahwa krisis kepemimpinan saat ini bisa memperburuk kondisi organisasi. Oleh karena itu, kegiatan LKMM-TD ini sangat dibutuhkan untuk membangun sumber daya baru yang dapat mendukung kualitas organisasi di PSDKU,” tambahnya.

Selanjutnya, menambahkan pernyataan Darmawan, Ketua KM PSDKU UNAIR di Bayuwangi Moh. Bayu Alfian mengatakan bahwa kegiatan yang diikuti oleh 60 mahasiswa dari semester II dan IV menjadi bekal yang kuat untuk menjalankan roda organisasi. Meski, tambah Bayu, ada sebagian peserta yang tidak terjun langsung dalam organisasi kemahasiswaan.

“Kegiatan ini menghadirkan banyak pemateri. Tujuannya tidak lain untuk melatih peserta dalam melakukan tolak ukur keberhasilan, perencanaan jadwal kerja, dasar-dasar organisasi, pengorganisasian kegiatan kepanitiaan I, pengorganisasian kegiatan kepanitiaan dan masih banyak hal lainnya,” tambah Bayu.

Penulis: Siti Mufaida

Editor: Nuri Hermawan

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu