Hari Ketiga LKMM-TD di PSDKU Fokus pada Keorganisasian

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Pelaksanaan KMM-TD berlokasi di Aula Minak Jinggo Pemkab Banyuwangi, Minggu (18/3). (Foto: Ardiansyah Pratama).

UNAIR NEWS – Pada hari ketiga, Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Airlangga di Banyuwangi berlokasi di Aula Minak Jinggo, Kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Melanjutkan jadwal sebelumnya, LKMM-TD tersebut digelar pada Minggu (18/3).

Ketua Keluarga Mahasiswa (KM) PSDKU UNAIR di Banyuwangi Mohammad Bayu Alfian mengungkapkan, segala hal terkait dengan organisasi menjadi fokus dalam agenda hari ketiga itu. Terutama soal kriteria melakukan manajemen organisasi yang baik dan terarah.

”Dengan begitu, semoga mereka (Peserta, Red) mampu membuat tujuan organisasi dengan tolak ukur yang jelas,” ujarnya. ”Setelah mengikuti LKMM-TD, peserta yang ingin mendalami dunia keorganisasian bisa meneruskan untuk mengikuti LKMM-TM (tingkat menengah) dan LKMM-TL (tingkat lanjut),” imbuh mahasiswa akuntansi tersebut.

Selain itu, terang Bayu, melalui LKMM-TD tersebut, peserta diharapkan mampu meningkatkan kualitas organisasinya. Khususnya sumber daya internal organisasi di PSDKU UNAIR di Banyuwangi.

”Juga, mereka diharapkan dapat melanjutkan tongkat estafet kepengurusan organisasi pada tahun selanjutnya dengan kondisi yang lebih baik lagi. Terutama capaian yang baik menjadi lebih baik lagi,” tambahnya.

Diketahui, terdapat lima pemateri dalam LKMM-TD pada hari itu. Yakni, dosen program studi akuntansi Izzato Miliati S.P. M.Si., yang menyampaikan administrasi kesekretariatan dan administrasi keuangan. Selanjutnya adalah dosen kedokteran hewan Faisal Fikri Drh., M.Vet. yang memaparkan hakikat motivasi. Serta, dosen kesehatan masyarakat Susy Katikana Sebayang S.P.,M.Sc.,P.hD., mengenai pengambilan keputusan.

”Dua lainnya adalah dosen kedokteran hewan Moh. Thohawi EP., drh., M.Si yang menyampaikan pengendalian konflik dan dosen budidaya perairan Darmawan Setia Budi, S.Pi.,M.Si., mengenai teknik penyusunan usulan kegiatan serta penyempurnaan usulan kegiatan,” tutur Bayu.

Izzato Miliati S.P. M.Si., menjelaskan bahwa terkait dengan administrasi kesekretariatan dan administrasi keuangan, manajemen waktu serta ketelatenan sangat diperlukan. Sebab, lanjut dia, hal itu sangat penting dan menjadi pekerjaan harian di suatu organisasi.

”Manajemen administrasi yang baik merupakan salah satu indikator yang mencerminkan organisasi yang baik pula,” sebutnya. (*)

Penulis: Siti Mufaidah

Editor: Feri Fenoria

This post is also available in: English

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Berita Terkini

Laman Facebook

Artikel Populer
Close Menu