lulus terbaik
KIKI Amalia menerima ucapan selamat dari Rektor UNAIR Prof. M Nasih usai menyerahkan piagam penghargaan wisudawan terbaik periode maret 2018. (Foto: Bambang Bes)
ShareShare on Facebook27Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Kiki Amalia Rama terpilih menjadi wisudawan terbaik S1 Pendidikan Dokter Hewan, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga, pada wisuda periode Maret. Ia meraih IPK 3,72. Mahasiswa dengan skripsi berjudul ”Investasi Kutu pada Itik di Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan” itu merupakan anak terakhir diantara tiga bersaudara.

“Dulu sebelum daftar SNMPTN, aku mencari jurusan yang prospek kerjanya tinggi. Alhamdulillah kemudian ketemu jurusanku yang sekarang. Dan, setelah ngobrol dan berkonsultasi dengan bapak, beliau juga setuju,” tutur Kiki kepada Warta Unair.

Saat menjalani kuliah, Kiki tertarik mengikuti kelompok minat di FKH. Dia mengaku ikut Kelompok Minat Profesi Veteriner Pet and Wild Animal (KMPV PW) serta Kelompok Minat Profesi Veteriner Ternak Besar (KMPV TB).

“Aku ikut KMPV PW karena bercita-cita punya klinik hewan sendiri yang kebanyakan hewan klinik itu rata-rata hewan kecil. Untuk KMPV TB, aku ikuti saran bapak, mendalami ternak besar seperti sapi,” jelasnya.

Perempuan asal Desa Lundang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, itu mengungkapkan bahwa jauhnya kampung halaman dengan tempat ia menuntut ilmu tidak menyurutkan motivasinya untuk belajar. Motivasi terus hadir berkat sosok orang tua yang mendorong selalu tetap maju. Termasuk selalu mewarnai setiap keputusan hidup Kiki.

“Yang selalu memotivasiku saat belajar adalah aku selalu ingat kalau aku harus membanggakan orang tuaku,” ujarnya.

Membanggakan orang tua merupakan sesuatu yang ingin dicapainya. Sebab, sewaktu SMP, ketika dulu pindah sekolah kali pertama dan ikut ulangan harian matematika, hasilnya tidak terlalu bagus.

“Nilainya bener-bener bikin down dan takut orang tuaku kecewa, juga sedih. Sejak itu aku berjanji harus banggain mereka dengan belajar dan dapat nilai bagus. Alhamdulillah keyakinan itu sampai sekarang masih aku pegang,” tutur kiki.

Kesibukannya saat ini mempersiapkan diri untuk pendidikan profesi dokter hewan (PPDH) atau co-assistant setelah wisuda. Rencananya, dia mendaftar perwira karir dan sekolah lagi di luar negeri. (*)

Penulis : Hilmi Putra Perdana

Editor : Feri Fenoria.

ShareShare on Facebook27Tweet about this on Twitter0Email this to someone