jaksa kpk
FITROH menerima piala dan piagam sebagai wisudawan terbaik Universitas Airlangga, yang disampaikan Ketua Senat Akademik Prof. Joewono Soeroso, disaksikan Rektor Prof. M. Nasih. (Foto: Bambang Bes)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Fitroh Rohcahyanto, wisudawan kelahiran Jepara ini patut berbangga lantaran telah berhasil menyandang predikat wisudawan terbaik S3 Fakultas Hukum (FH) Universitas Airlangga dengan IPK 3,83 .

Sebagai jaksa fungsional pada KPK yang tinggal di Jakarta, tentu tidak mudah bagi Fitroh untuk mengatur waktu ditengah kesibukannya, apalagi jarak Jakarta-Surabaya juga cukup jauh.

”Selama kuliah kendala terbesar adalah membagi waktu kerja dengan kuliah. Apalagi jarak tempuh cukup jauh dari Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya. Tetapi, semua bisa diatasi dengan disiplin serta usaha yang maksismal guna tetap menyelesaikan kuliah tanpa mengganggu pekerjaan,” ujar alumni Untag Semarang ini.

Sebagai praktisi yang berkecimpung dalam dunia peradilan, Fitroh tentunya tidak asing lagi dengan permasalahan yang ada. Melihat ada isu hukum yang dapat diangkat sebagai bahan disertasi, ia angkat sebagai bahan disertasinya.

Jadilah akhirnya karya tulis berjudul “Memperdagangkan Pengaruh “Trading in Influence” sebagai Tindak Pidana Korupsi. Topik yang dibahas didalam disertasinya itu tentang filosofi trading in influence sebagai perbuatan koruptif dan bagaimana kontruksi hukum TI sebagai TPK.

“Saya sering menemukan perbuatan memperdagangkan pengaruh oleh pihak swasta dan politisi, tetapi karena belum ada norma yang mengaturnya sehingga tidak dapat diproses,” tuturnya.

Selain itu, setelah menghabiskan waktu cukup lama dalam menempuh pendidikan S3, ayah dari empat orang anak ini memiliki rencana untuk  berbagi ilmu dengan cara mengajar mahasiswa hukum.

“Tips untuk mahasiswa S3 ialah mengupayakan sejak awal sudah memiliki minimal dua tema yang telah direncanakan guna mempermudah penyusunan disertasi karena hal terberat ada pada penyusunan disertasi,” pungkasnya. (*)

Penulis : Pradita Desyanti

Editor : Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).