KECERIAAN anak-anak dalam bakti sosial oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Jawa Timur pada Kamis (1/3). (Foto: Koleksi Pribadi)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWSMahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga yang tergabung dalam Asian Medical Student Association atau AMSA-UNAIR berbagi kebahagiaan kepada puluhan anak penyandang kanker pada Kamis (1/3). Tepatnya anak-anak Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Jawa Timur.

Bakti sosial tersebut menandai peringatan Ulang Tahun Ke-15 Center for Indonesian Medical Students Activities Universitas Airlangga (CIMSA UNAIR). Para anggotanya berinisiatif menghibur anak-anak penderita kanker di yayasan non-goverment organization (NGO) itu.

Ketua kegiatan tersebut Bonfilio Neltio Ariobimo mengungkapkan, selama menunggu perawatan dan pengobatan kanker di RSUD Dr. Soetomo, anak-anak itu kerap bosan. Bahkan, mereka kurang mendapat hiburan.

Rutinitas pengobatan serta perawatan di rumah sakit sering membutuhkan waktu 3 bulan hingga 2 tahun. Lamanya masa pengobatan akhirnya memaksa anak-anak tersebut putus sekolah. Karena itu, mereka tidak memiliki banyak aktivitas selain berobat. Setiap hari penyandang kanker tersebut juga harus selalu dekat dengan rumah sakit, tempat mereka dirawat dan diobati.

Karena itu, muncullah insiatif mahasiswa FK UNAIR untuk menggelar acara tersebut. Yakni, melalui acara nonton bareng video anak yang menghibur, juga lomba mewarnai. Kesemarakan kian terlihat ketika para mahasiswa membagikan hadiah.

“Di sini, AMSA UNAIR datang dan berbagi kebahagiaan serta dukungan emosional agar anak-anak penyandang kanker tetap bersemangat. Tidak putus asa dengan kehidupan mereka,” ungkapnya.

Selanjutnya, Ariobimo berharap program kerja organisasi mahasiswa FK UNAIR bisa lebih banyak memasukkan kegiatan sosial. Khususnya untuk mendukung kehidupan anak-anak penderita kanker semacam kegiatan itu.

Seperti diketahui, YKAKI merupakan suatu yayasan yang didirikan untuk memberikan wadah bagi anak-anak penderita kanker. Selama perawatan, mereka memperoleh fasilitas pendidikan, tempat istirahat, dan bermain.

Di sisi lain, menyambangi yayasan sosial memang kerap menimbulkan keharuan. Seperti halnya dirasakan Ariobimo bersama tim AMSA UNAIR. Momen-momen kebersamaan dengan para penderita kanker memberikan makna tersendiri bagi mereka.

“Meski anak-anak menderita kanker, melihat mereka tertawa membuat kami ikut senang dan terharu. Sebab, kekurangan itu tidak membuat mereka putus asa, depresi, atau sedih. Anak-anak ini terlihat begitu bersemangat dan bahagia,” ungkap Ariobimo.

Pada puncak acara, berlangsung acara tiup lilin oleh para mahasiswa bersama pengurus YKAKI. Euforia peringatan ulang tahun AMSA UNAIR tersebut ditutup dengan kemeriahan nyanyian bersama-sama. (*)

Penulis: Sefya Hayu Istighfaricha
Editor: Feri Fenoria

 

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone