Positif, Siswa Berbagai Sekolah di Jatim Beri Testimoni AEE di UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
testimoni AEE
SISWA-siswi SMA yang datang ke arena pameran AEE di Gedung ACC, bertanya kepada petugas dari Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Universitas Airlangga. Informasinya akurat. (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Sepuluh siswa SMA asal sekolah berbeda dari berbagai daerah di Jatim, memberikan testimoni ikhwal penyelenggaraan Airlangga Education Expo (AEE) 2018, di gedung Airlangga Convention Center (ACC) UNAIR, 23-25 Februari 2018 lalu.

Menurut mereka, penyelenggaraan AEE sangat bermanfaat dan sangat membantu siswa-siswa SMA yang tengah mencari informasi akurat tentang seluk-beluk program studi yang hendak dituju di perguruan tinggi. Karena itu, sebaiknya kegiatan seperti ini dilaksanakan setiap tahun, khususnya menjelang pendaftaran baik SNM-PTN dan SBM-PTN.

Hanya saja, dari sepuluh siswa yang diwawancarai news.unair, empat diantaranya memberi aroma kritik konstruktif. Diantaranya, penyelenggaraan berikutnya hendaknya masalah sound system lebih diperhatikan. Tata suara yang disediakan kurang jernih, terutama dari lantai dua. Selain itu ada beberapa stand fakultas yang kehabisan brosur. Diharapkan tahun dapan brosurnya lebih dari cukup.

”Saya senang dan puas dengan pelayanan kakak-kakak mahasiswa yang jaga stand, dari mereka kami memperoleh penjelasan detil tentang jurusan yang ada. Intinya, informasi yang saya inginkan itu saya dapatkan di sini,” kata Abimanyu Dwi Pamungkas, siswa SMA Kemala Bhayangkara I Surabaya.

Bagi Abimanyu, mencari informasi melalui website sebenarnya bisa. Tetapi ia dan empat kawannya memilih datang ke ACC UNAIR, karena di lokasi pameran bisa bertanya-tanya langsung. Kalau lihat di website hanya pasif, kata remaja yang masih binggung menentukan jurusan yang akan dituju nanti.

Hal senada dinyatakan Sarah Zein, siswi SMA Darul Quran Malang ini, menilai pameran ini bisa menambah wawasan untuk persiapan yang harus disiapkan bagi siswa SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. ”Kalau hanya browsing di internet, kita pasif, hanya membaca. Tetapi disini bisa ketemu langsung dengan dosen dan kakak mahasiswa,” kata Sarah, yang ingin masuk FK.

Bagi Sabrina R, siswi SMA Khadijah Surabaya, datang ke pameran bisa tahu langsung informasi prodi secara detil. Karena itu, masukan dari Sabrina, kalau bisa setiap tahun UNAIR mengadakan pameran, agar siswa yang akan melanjutkan mendapat cukup informasi yang akurat, kata cewek yang membidik jurusan Ekonomi Pembangunan FEB ini.

Sementara Alfin Dananto, dari SMA Negeri 3 Sidoarjo, dan Aini Rosalina dari SMA Wahid Hasyim Surabaya, bisa masuk ke arena pameran edukasi sungguh menakjubkan. Keduanya diberitahu kakak kelasnya yang sudah lulus agar datang ke pameran pendidikan, karena informasinya lengkap. Mata kuliah di jurusan yang dituju perlu diketahui, dan kalau hanya melihat di webs, tidak selalu ada.

”Kalau bisa tahun depan sound-nya diperbaiki dan hiburannya jangan terlalu bising. Dengungnya nggak enak,” kata Alfin, yang bercita-cita ingin masuk Ilmu Sejarah FIB UNAIR.

”Pamerannya bagus dan menarik, dan apa yang saya inginkan sudah aku peroleh disini,” komentar Luluk, siswi SMAN 3 Sampang. Ia jauh-jauh datang ke Surabaya karena, katanya, UNAIR adalah universitas favourit di Jatim. Dengan adanya AEE ini sangat strategi bagi yang mau melanjutkan kuliah, dan diberitahu bagaimana caranya agar bisa diterima.

”Awalnya saya masih bingung untuk menentukan jurusan, setelah mengetahui detilnya, akhirnya saya mantap dengan pilihan mendaftar di jurusan psikologi,” kata Luluk yang tak memedulikan soal tata suara.

Pameran AEE sangat bermanfaat, informatif, dan menambah wawasan tentang prodi, juga diutarakan oleh Ulimazada Islami, siswi SMA Negeri 2 Jombang. Apalagi, lanjutnya, setelah ini segera dibuka pendaftaran SBM-PTN, sehingga memperoleh modal informasi yang akurat.

Kedepan, kritiknya, sound system-nya jangan terlalu bising, sehingga dari lantai dua kurang jelas. Selain itu ada beberapa fakultas yang brosur informasi program studinya kehabisan. “Mungkin nanti brosurnya bisa lebih banyak,” kata Ulima, yang membidik masuk FK UNAIR ini.

Khoirunnisa, siswi SMA Trimurti Surabaya, juga menilai AEE sangat menarik dan bermanfaat bagi calon mahasiswa, sehingga informasi yang ia inginkan didapat jelas di arena ini. Menggali dan bertanya info via internet, diakui memang bisa, tetapi biasanya jawabannya lama. Sedang di pameran bisa langsung dan jelas dan kalau kurang bisa bertanya lagi secara rinci.

”Acara-acaranya bagus dan terstruktur. Kakak-kakak mahasiswanya ramah dan berwawasan luas.” Itu komentar Fadelia, siswi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Ia menilai demikian karena saat bertanya masalah lain di stand FISIP, ternyata mahasiswa di stand itu memberi jawaban yang sangat memuaskan, padahal mahasiswa tersebut jurusan politik.

”Jadi banyak yang bisa dipetik dari kegiatan AEE ini. Terlepas dari masalah tata-suara di tribun dan kesemrawutan di suatu stand yang seperti kurang diatur, pameran ini good, sangat membantu siswa calon mahasiswa,” kata Fadelia yang ingin masuk Jurusan Komunikasi FISIP UNAIR, sembari mengacungkan dua ibu jarinya. (*)

Penulis : Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu