UNAIR Ikuti Nusantara Mengaji

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Sejumlah peserta Nusantara Mengaji saat membaca Alquran di Masjid Nurruzaman, Kampus B, Universitas Airlangga. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – Nusantara Mengaji merupakan kegiatan di bawah naungan Kemristekdikti yang bertujuan mempersatukan umat Islam dan menangkal beredarnya paham-paham radikalisme. Dalam kegiatan tersebut, universitas di seluruh Indonesia diundang, diminta turut serta. Salah satunya ialah Universitas Airlangga. Kegiatan tersebut berpusat di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Banyumas pada Sabtu (24/2).

Menteri Ristekdikti Prof. Dr. H. M. Nasir, Ph.D., Ak., dan Ketua Kornas Nusantara Mengaji H. Jazilul Fawaid, SQ., MA., turut hadir dalam kegiatan tersebut. Bertajuk “Menebar Semangat NKRI, Membentuk Generasi Qurani”, kegiatan itu diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia. Misalnya, UNAIR, UNSOED, UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), UNILA (Universitas Lampung), UNS (Universitas Negeri Surakarta), UNSYIAH (Unversitas Syah Kuala), UNSIL (Universitas Siliwangi), UII (Universitas Islam Indonesia), dan UNNES (Universitas Negeri Semarang).

Kegiatan tersebut menggunakan aplikasi dari Nusantara Mengaji untuk mempersatukan peserta di seluruh Indonesia. Diawali dengan sambutan rektor UNSOED dan menteri Ristekdikti, kegiatan itu kemudian dilanjutkan dengan membaca Alquran serentak.

Para peserta sebelumnya mendapatkan jatah untuk membaca Alquran. Setelah selesai dengan mengkhatamkan 30 juz, acara ditutup dengan doa.

Di UNAIR, kegiatan tersebut bertempat di Masjid Nuruzzaman Kampus B. Menurut Muhammad Athoillah Sholahuddin sebagai koordinator, kegiatan itu diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) UNAIR atas arahan rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., Mt., Ak., CMA.

(Foto: Istimewa)

“Secara teknis, rektor UNAIR memberikan amanah mengenai kegiatan ini kepada UKMKI. Rektor sendiri sebagai penyambung undangan dari Kemristekdikti kepada UKMKI UNAIR,” tutur mahasiswa Budi Daya Perairan UNAIR tersebut.

Atho ­–sapaan akrabnya– menyampaikan bahwa Masjid Nuruzzaman tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Universitas Airlangga. Namun, mahasiswa lainnya di Surabaya juga turut hadir di masjid Kampus B tersebut.

“Acara ini sangat menarik dan perlu kita lakukan secara istikamah. Sebab, acara ini bisa menjadi ajang silaturahmi dan mempersatukan mahasiswa. Khususnya mahasiswa Universitas Airlangga,” ucapnya.

Untuk ke depan, karena termasuk kegiatan yang sangat bermanfaat, Atho berharap kegiatan semacam itu dapat diikuti oleh seluruh pihak. Bukan hanya mahasiswa yang mengikutinya, tapi juga seluruh sivitas akademika dapat turut serta dalam acara itu. (*)

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu