UNAIR-Harian Kompas Berkomitmen Lawan Berita Hoaks

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Ilustrasi
Ilustrasi oleh Alifian Sukma

UNAIR NEWS – Harian Kompas dan Universitas Airlangga menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memberikan layanan informasi berkualitas bagi sivitas akademika. Acara itu akan diselenggarakan di Gedung Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C UNAIR, Surabaya, Jumat (23/2) besok.

Penandatanganan kerja sama itu nantinya melingkupi kerja sama penyediaan Layanan Kompas.id via IP Based di area wifi kampus selama jangka waktu 3 (tiga) bulan. Tujuannya, komunitas akademis yang terhubung dengan WiFi kampus UNAIR akan mendapatkan layanan bebas akses semua konten kompas.id tanpa biaya berlangganan lagi.

Sehari selang MoU yakni Sabtu, (24/2) di tempat yang sama akan diselenggarakan talkshow “Hoax VS Jurnalisme Presisi” dengan narasumber Ketua Pusat Informasi dan Humas UNAIR Suko Widodo dan Pemimpin Redaksi Kompas Budiman Tanuredjo.

“Berita yang sesat membuat jalan hidup juga sesat. UNAIR sebagai lembaga pencari kebenaran secara ilmiah, berkewajiban untuk menyikapi fenomena jumlah hoax yang massif ini,” ujar Suko.

Akibat perkembangan sarana teknologi informasi komunikasi, lanjut Suko, publik susah membedakan berita yang presisi benar dan yang hoax. Sebab itu, talkshow “Hoax VS Jurnalisme Presisi” ini menjadi penting untuk mentransfer pengetahuan kepada mahasiswa.

“Mahasiswa sebagai akademisi dan intelektual harus dibekali pengetahuan untuk membaca berita maupun peristiwa dengan setepat-tepatnya. Dengan cara itu kita bisa meminimalisis peredaran pendapat yang sesat,” kata Suko. “Agar mahasiswa bisa membedakan, tidak menjadi korban sekaligus penyebar hoax,” tambahnya.

Kerjasama Harian Kompas dan UNAIR akan menjadi langkah bersama dalam menyambut era masyarakat digital. Lebih dari itu, kerjasama ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk senantiasa memberikan layanan sempurna bagi Indonesia.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Kompas Budiman Tanuredjo mengungkapkan, di tahun 2017, Harian Kompas melahirkan inovasi berupa platform digital bernama Kompas.id. Kehadiran Kompas.id ini merupakan respon dari Harian Kompas terhadap perkembangan teknologi yang kian berkembang. Melalui platform digital berbayar inilah Harian Kompas menyajikan informasi dan berita berkualitas khas Harian Kompas dalam format digital.

Platform baru ini memungkinkan para pembaca dan civitas academica UNAIR mendapatkan laporan yang berkedalaman khas Harian Kompas, foto yang lebih kaya dan hasil riset di mana saja dan kapan saja.

“Hadirnya Kompas.id sebagai sebuah platform yang dinamis ini diharapkan dapat melengkapi kehadiran Harian Kompas di masyarakat,” papar Budiman.

Talkshow ini merupakan rangkaian dari acara Airlangga Education Expo (AEE) yang berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak Jumat-Minggu (23-25/2). Selain talkshow, beragam acara meramaikan AEE.

Seperti dialog penerimaan mahasiswa baru, talkshow dan tanya jawab SBMPTN dan Mandiri, talkshow kesempatan student exchange, talkshow tips memiliki jurusan, talkshow beasiswa di UNAIR, talkshow bersama mahasiswa dan alumni berprestasi, dan talkshow mahasiswa berwirausaha. Acara ini bukan hanya mengundang siswa, tapi juga guru dan orang tua di Surabaya dan sekitarnya.

Selain itu, di pergantian acara juga akan dimeriahkan oleh hiburan, games, dan penampilan musik. Grup musik Keroncong Larasati akan tamnpil di hari Jumat. Dan acara akan ditutup dengan penampilan musik dari Hidacoustic. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave a Replay

Close Menu