Ilustrasi
Ilustrasi oleh Feri Fenoria
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Kesempatan Liputan Khusus ‘Ketua BEM Kita’ kali ini, UNAIR NEWS berhasil menggali banyak hal dari Hadi Nur Romadlon, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Fakultas Farmasi (FF), Universitas Airlangga.

Ditemui usai menjalani kuliah sore pada beberapa pekan lalu, mahasiswa angkatan 2015 itu mengungkapkan bahwa menjadi Ketua BEM merupakan cara untuk mengaplikasikan ilmu dan pengalamannya serta ingin membuat inovasi di BEM FF pada tahun kepengurusannya.

“Awalnya tidak begitu yakin untuk daftar menjadi calon ketua, tapi tak disangka dorongan dari teman-teman semua sangat besar sehingga membuat saya semakin mantap,” jelas Ketua BEM yang akrab disapa Hadi tersebut.

Setelah berhasil terpilih dan telah menjalani kepengurusan sejak dua bulan yang lalu, Hadi mengaku mempunyai inovasi yang ingin dilakukan untuk fakultasnya. Hadi mengatakan bahwa ia ingin melibatkan mahasiswa profesi di FF dalam kegiatan di BEM. Pasalnya, hal itu memang dibutuhkan dalam kegiatan akademik.

“Rencana program kerja dengan mahasiswa profesi adalah berupa job fair yang menggaet perusahaan dengan serangkaian kegiatan seperti workshop, interview, serta rekrutmen oleh perusahaan. Acara tersebut juga upaya BEM FF untuk menyukseskan World Class University yang dicanangkan UNAIR,” jelas Hadi.

Dalam penyusunan acara BEM FF yang dipimpin Hadi, pastilah membutuhkan partisipasi mahasiswa  FF dengan cara melakukan open recruitmen menjadi panitia. Akan tetapi tantangan BEM FF adalah pemerataan mahasiswa yang berkenan ikut. Oleh karena itu, bidang PSDM BEM FF berupaya untuk melakukan pemerataan.

“Yang daftar memang sudah memenuhi batas minimal, tapi kebanyakan yang daftar hanya itu-itu saja, sama seperti sebelumnya. Rencananya kebijakan itu sebagai upaya kami menyelesaikan pemerataan SDM walaupun masih dalam tahap penandatanganan,” papar.

Pemerataan tersebut merupakan upaya Hadi dan tim untuk membuat mahasiswa FF mendapat manfaat melalui ikut dalam kepanitiaan maupun organisasi. Hal itu bertujuan agar semua mahasiswa mendapatkan relasi yang lebih besar dan ilmu yang tidak ada di dalam kelas saat kuliah.

Tidak hanya pemerataan SDM, ke depan Hadi ingin mengajak mahasiswa FF untuk aktif dalam berorganisasi dan berprestasi. Hal itu bisa dilakukan dengan memberikan contoh melalui nilai-nilai profesionalitas dan kompetitif yang ditanamkan terhadap internal BEM FF.

“Dengan nilai profesionalitas, saya mengajak anggota BEM untuk mencintai BEM itu sendiri. Sedangkan nilai kompetitif diperlihatkan dengan capaian prestasi anggota bem sehingga memperlihatkan ke mahasiswa lain bahwa meskipun mereka disibukkan dengan organisasi prestasi tetap terus mengalir.” terang Hadi.

 

Penulis: Hilmi Putra Pradana

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone