Ilustrasi oleh thinglink.com
ShareShare on Facebook3Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Untuk memberikan bekal kehidupan kampus mahasiswa, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Airlangga, memberikan kegiatan kepada mahasiswa melalui kegiatan di luar kelas, yaitu Character Building.

Ditemui oleh UNAIR NEWS awal bulan lalu, Dr. Sutinah, M.S., mengatakan bahwa kegiatan Character Building bersifat mendidik, namun dengan suasana yang santai dan tidak menegangkan. Kegiatan Character Building itu, lanjutnya, ditujukan agar mahasiswa baru Departemen Sosiologi mampu lebih beradaptasi dengan kehidupan kampus yang lebih mandiri.

“Pertama, mahasiswa semester awal ini merupakan perpindahan dari SMA ke mahasiswa, yang harusnya lebih mandiri. Kedua, perlu ada interaksi yang baik antar mahasiswa ataupun antara mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan tenaga pendidikan,” terangnya.

Ditanyai tentang materi yang disampaikan, Sutinah menjelaskan bahwa materi seputar pendidikan karkater serta pemahaman tentang isu sosial menjadi bahasan utama.  Ia juga menambahkan bahwa materi disampaikan dengan cara yang santai dan menyenangkan.

“Kita kemaren enjoy saja, materi berupa membangun sikap kritis mahasiswa sosiologi, mengembangkan gender sensitivitas dan gender awareness dalam proses belajar-mengajar, dan materi dalam bentuk game soal etika,” imbuhnya.

Untuk perencanaan ke depannya, Sutinah mengatakan bahwa kegiatan semacam itu akan berlanjut dan dikembangkan. Sebab, Character Building penting untuk pembentukan karakter sosiolog pada mahasiswa Sosiologi.

“Sebagaimana kata Pak Hotman, kalau mau jadi sosiolog itu jangan manut. Tetap menjadi calon-calon subversif, artinya kita membongkar hal-hal yang mungkin dianggap sudah nyaman. Bukan mengikuti iya apa iya,” kutipnya.

Penulis: Mohammad Alfarizqy

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook3Tweet about this on Twitter0Email this to someone