akreditasi

Prodi S1 Bidan Kedatangan Tim Akreditasi AUN-QA

UNAIR NEWSSetelah melalui berbagai persiapan, Program Studi S1 Pendidikan Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga akhirnya menggelar agenda visitasi akreditasi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA).

Kedatangan Prof. Dr. Marilou G. Nicolas  dari University of Philiphines serta  Mrs Siriluck Kiewkong dari Mahidol University disambut jajaran Dekanat FK UNAIR, Ketua USI FK UNAIR, beserta Tim Prodi S1 Bidan FK UNAIR, di Ruang Sidang A FK UNAIR, Selasa (13/2). Acara Visitation Assessment tersebut akan berlangsung selama tiga hari, terhitung sejak 13-15 Februari di FK UNAIR.

Visitasi oleh tim AUN-QA menjadi langkah awal internasionalisasi bagi prodi S1 pendidikan bidan. Sebelumnya, prodi yang berdiri tahun 2008 ini telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 14 Februari 2013.

Selain mengupayakan akreditasi internasional, Prodi Pendidikan Bidan FK UNAIR bersama Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) juga berupaya melakukan transformasi kurikulum pendidikan bidan di Indonesia. Upaya itu dengan melibatkan salah satu institusi pendidikan bidan terbaik di Inggris dan dunia serta  berpengalaman dalam mengembangkan pendidikan bidan, yakni The University of Nottingham (UoN).

Saat ini, jumlah bidan di Indonesia  sebanyak 450 ribu, dan tersebar di seluruh tatanan pelayanan baik di perkotaan sampai ke daerah perifer. Sebagai profesi yang bersifat otonom, maka transformasi kurikulum pendidikan bidan dianggap penting. Dengan begitu tidak lagi terjadi ketimpangan pendidikan serta menjadi mitra kerja yang saling mendukung antara bidan dengan dokter kandungan.

Sejauh ini, Pendidikan Bidan FK UNAIR sebagai pionir pendidikan sarjana dan profesi bidan di Indonesia menjadi inisiator dan pengawal dalam pemperbaiki mutu kualitas pendidikan bidan. Untuk itu, langkah internasionalisasi melalui akreditasi AUN-QA sangat penting untuk menjawab tantangan global. (*)

Penulis : Sefya Hayu Istighfaricha

Editor : Binti Q. Masruroh