FK Berduka
Upacara persemayaman Prof. Dr. Thomas V. M. Kardjito, dr., Sp.P (K)., di Aula FK UNAIR. (Foto: Aditya Gita R)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga kembali berduka. Belum usai duka yang mendalam atas kepergian Drs. E. M. Agus Subekti D., M.Kes., M.Psi., kali ini UNAIR kehilangan salah satu putra terbaiknya. Ialah Guru Besar Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran UNAIR Prof. Dr. Thomas V. M. Kardjito, dr., Sp.P (K)., yang tutup usia pada hari Jum’at tanggal 9 Februari 2018, pada pukul 18.10 WIB. Alm Prof. Kardjito meninggal pada usia 79 tahun dan meninggalkan satu orang istri dan 3 orang anak.

Sebagai bentuk penghormatan terakhir, FK UNAIR menggelar upacara penghormatan jenazah yang berlangsung khidmat dan penuh haru di Aula FK UNAIR pada Sabtu (10/2). Pada upacara penghormatan jenazah Prof. Kardjito dihadiri oleh kerabat, handai taulan, dan para civitas akademika UNAIR. Tidak hanya keluarga, kepergian Prof. Kardjito juga meninggalkan duka yang mendalam bagi para sejawat dokter, khususnya sejawat dari Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FK UNAIR.

Mewakili rektor UNAIR, Prof. Dr. Soetojo, dr., Sp.U., selaku Dekan FK UNAIR dalam sambutannya pada upacara penghormatan jenazah mengatakan bahwa selama hidup, Alm. Prof. Kardjito merupakan seorang guru besar yang sangat berjasa di FK UNAIR dan dunia kedokteran di Indonesia. Bahkan, guru besar yang lahir pada tanggal 16 Juli 1938 tersebut merupakan Guru Besar Purnabakti yang pernah menerima Brevet Ilmu Penyakit Paru.

“FK UNAIR sangat berduka kehilangan sosok guru yang sangat berjasa dalam kemajuan pendidikan di Indonesia, saya ucapkan terima kasih dan selamat jalan guruku, Alm. Prof. Dr. Thomas V. M. Kardjito, dr., Sp.P (K)., semoga dilapangkan jalanmu menuju Surga,” ujar Prof. Soetojo.

Seusai upacara penghormatan, jenazah Prof. Dr. Thomas V. M. Kardjito, dr., Sp.P (K)., dimakamkan di TPU Keputih Surabaya. Semoga arwahnya diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan Keikhlasan. Selamat jalan Prof. Dr. Thomas V. M. Kardjito, dr., Sp.P (K).

 

Penulis: Aditya Gita Rahmatullah

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone