Peletakan Batu Pertama PLK UNAIR Tandai Peningkatan Pelayanan

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga terus tingkatkan jalinan kerja sama dengan Bank Mandiri diberbagai aspek, salah satunya dalam pembangunan infrastruktur. Kali ini, kerja sama dilakukan dalam pembangunan gedung baru Pusat Layanan Kesehatan (PLK) UNAIR guna meningkatkan pelayanan kesehatan. Pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama di Klinik PLK UNAIR, pada Jumat (9/2).

Direktur Operasional Ogi Prastomiyono, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih lantaran selama ini UNAIR dalam kebutuhan keuangan dan transaksi telah menggunakan layanan Bank Mandiri. Maka, sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang kesehatan, Bank Mandiri mengalokasikan bantuan senilai 2 milyar rupiah untuk merevitalisasi Pusat Layanan Kesehatan (PLK) UNAIR.

“Mudah-mudahan PLK UNAIR akan lebih baik lagi dalam pelayanan kesehatan. Sejalan dengan nilai dari UNAIR yakni keunggulan yang bermoralitas, excellence with morality yang bermakna moral dan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih, SE, MT., Ak., CMA., turut berterima kasih telah menjadi mitra strategis yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan. Terlepas dari hal tersebut, masih terdapat banyak pekerjaan rumah, seperti pembangunan di Kampus C yang masih 15 ha belum terisi dan akan segera dibangun berbagai macam.

Insya Allah tahun ini akan dilaksanakan ground breaking Dormitory Pak De Airlangga, hasil sumbangan dari APBD Jawa Timur senilai 75 miliar rupiah. Selain itu, akan dibangunkan asrama untuk 50-60 kamar, tinggal menunggu penyelesaian tananhnya,” terangnya.

Terkait rencana pembangunan gedung baru PLK, Ketua PLK UNAIR Dr. Ernawati, drg., M.Kes mengatakan akan tersedia berbagai fasilitas secara bertahap. Rencananya gedung dua lantai akan terisi berbagai ruangan, mulai dari ruang Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), bersalin, laboratorium hingga ruang batra yang nantinya menjadi wadah untuk Fakultas Vokasi khususnya bidang batra atau pengobatan tradisional.

“Klinik PLK ini menempati bekas rumah dosen, terlebih ketika hujan mengguyur deras hingga terjadi banjir dan terjadi penyumbatan. Sehingga ketika infrastruktur menjadi lebih baik, maka pelayanan pun akan lebih baik pula,” terang Ernawati.

Dalam kesempatan berbeda, Ogi menjelaskan bahwa Kerjasama UNAIR dan Bank Mandiri akan terus terjalin dalam jangka panjang. Sehingga tidak dipungkiri berbagai kolaborasi akan tercipta kelak, seperti yang saat ini sedang dalam proses yakni penyewaan lantai satu perpustakaan selama 20 tahun untuk kantor operasional.

 

Penulis: Siti Nur Umami

Editor: Nuri Hermawan