Rektor UNAIR Mengajak Semua Sivitas Laksanakan ’Gerakan Hidup Sehat – Germas’

UNAIR NEWS – Dalam acara rutin senam pagi dan jalan sehat bersama sivitas akademika Universitas Airlangga, Rektor Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA., mengajak semua sivitas kadamika UNAIR untuk senantiasa melaksanakan program Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), sebuah program pemerintah sebagaimana instruksi Presiden.

”Germas ini adalah instruksi presiden, yang dalam ini diteruskan menjadi instruksi rektor. Sebab dengan Germas diharapkan kita berperilaku sehat, produktivitas meningkat dan berdaya saing tinggi, sehingga mampu untuk menunjang target universitas menuju World Class University,” kata Prof. Moh Nasih, sesaat sebelum melepas ratusan peserta jalan sehat bulanan, di halam Rektorat UNAIR Jl. Mulyorejo Surabaya, Minggu (11/2) pagi.

Pelaksana senam dan jalan sehat bulan ini adalah Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Acara tadi diikuti ratusan peserta dari unsur sivitas akademika, baik pimpinan UNAIR, dekanat, mahasiswa, tenaga kependidikan (tendik), dan alumni, bahkan juga masyarakat sekitar kampus. Hadiah utama yang diundi kemarin berupa satu buah sepeda motor. Selain itu ada kulkas, TV, magic jar, dispenser, dlsb.

Dijelaskan dalam sambutannya, Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Germas berfokus pada tiga aspek perubahan perilaku: yaitu melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mendeteksi faktor resiko yang ada pada setiap orang.

sivitas unair
REKTOR UNAIR Prof. Moh Nasih bersama ratusan sivitas akademika UNAIR melintas di Jl. Ir. Soekarno, Mulyorejo, disela rerimbunan kampus UNAIR yang “hijau royo-royo”. (Foto: Bambang Bes)

”Ayo dukung Germas, semangat? Ayo melakukan aktivitas fisik, semangat? Ayo makan makanan seimbang – sayur dan buah setiap hari, semangat? Dan ayo melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, semangat?,” seru Rektor mengajak sivitas. Setiap ajakan selalu dijawab secara koor “semangat!” sambil mengepalkan tinju tangannya keatas.

”Terakhir ayo jangan merokok, semangat? Sebab sesungguhnya tidak ada satu tempat pun di UNAIR ini yang diperkenankan untuk merokok. Semangat tidak merokok ya,” tandas Rektor meminta.

Didampingi Dekan FKM Prof. Dr. Tri Martiana, dr., MS., Rektor juga mengimbau kepada para sivitas, disela beraktivitas kerjanya sehari-hari, untuk menyempatkan waktu antara 5-10 menit setiap jam 10.00 dan jam 14.00 untuk melakukan peregangan di tempat kerjanya. Bagaimana gerakannya, akan disosialisasikan oleh Direktorat Sarana dan Prasarana (Sarpras). (*)

Penulis: Bambang Bes