Dorong Sinergisitas, Kemahasiswaan UNAIR Gelar Lokakarya UKM

UNAIR NEWS – Direktorat Kemahasiswaan Universitas Airlangga mengadakan lokakarya pembekalan unit kegiatan mahasiswa (UKM) pada awal Februari lalu. Pembekalan UKM itu merupakan kegiatan tahunan pada awal kepengurusan baru.

Acara yang diikuti seluruh UKM tingkat universitas, yaitu 42 unit, dengan dua perwakilannya itu dilaksanakan di Samara Resort, Kota Batu. Banyak manfaat yang didapat dari acara tersebut. Salah satunya diterangkan Ketua UKM Baseball Brawijaya B. Khusuma selaku salah seorang peserta.

“Lokakarya ini sangat bermanfaat. Sebab, dari kegiatan ini, kami bisa mempersiapkan dan memperlancar kepengurusan UKM setahun ke depan,” ungkapnya.

Dalam pembekalan tersebut, Kemahasiswaan membawa visi mereka, yaitu bersinergi melejitkan prestasi dan kualitas mahasiswa. Sinergisitas itu diwujudkan kemahasiswaan dalam penjabaran tiga prioritas.

Fokus tersebut, antara lain, delegasi kompetisi, penyelenggara kompetisi, dan pengabdian masyarakat yang lingkup kegiatannya diharapkan mencapai nasional, bahkan internasional. Hal itu disambut baik oleh perwakilan UKM. Salah satunya adalah Penalaran.

“Hal tersebut bagaikan angin segar bagi kami yang ingin berprestasi lebih besar lagi di UKM. Kebijakan itu akan memudahkan kami dalam hal pendanaan sebagai solusi permasalahan pada akhir tahun,” jelas Farid, ketua UKM Penalaran.

Dalam lokakarya mulai Jumat sampai Minggu tersebut, banyak materi yang disampaikan. Di antaranya, soal strategi pengembangan UKM menuju percaturan global, strategi peningkatan soft skill, dan kelas website. Diharapkan, hal itu dapat menjadi bekal awal untuk setiap UKM menjalankan kepengurusan selama setahun ke depan.

Salah satu kegiatan inti dari pembekalan tersebut adalah evaluasi penyusunan dan pengesahan kontrak kinerja UKM 2018. Di sana, setiap UKM menuliskan target yang telah dibuat sesuai dengan format yang diberikan. Pengesahan itu dipimpin langsung oleh Direktur Kemahasiswaan Dr. M. Hadi Subhan, S.H., M.H., C.N., dengan didampingi Deni Yasmara, S.Kep.Ns., M.Kep., dan Eko Siswantoro, Drs., MM.

“Kita jalan itu bukan tanpa arah yang tidak akan sampai pada sasaran. Sebab, hal ini menjadi stimulus atau jangkar kalian dalam menjalankan kegiatan di UKM. Seluruh manfaatnya untuk kalian,” tutur Hadi saat mengesahkan kontrak kinerja UKM 2018. (*)

Penulis: Hilmi Putra Pradana

Editor: Feri Fenoria