Mahasiswa ABC memberi award kepada salah satu siswa usai mengajar di Dusun Kalitengah. (Dok. Pribadi)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Mengawali tahun 2018, sekaligus mengisi liburan semester ganjil, mahasiswa yang tergabung dalam Airlangga Bojonegoro Community (ABC) kembali ke kampung dengan mengadakan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun sebagi bentuk dari pengabdian kepada kota asal.

Organisasi Mahasiswa Daerah (ormada) Bojonegoro ini melakukan serangkaian kegiatan dengan tajuk “ABC Muleh Omah Project 2018” dilaksanakan berdasar Tri Dharma Perguruan Tinggi. Meliputi, pendidikan dan pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan yang mereka lakukan sebagai bentuk pengabdian untuk memajukan kota Bojonegoro.

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya njungok ormada atau silaturahmi dengan ormada di Bojonegoro; ABC goes to school; lomba esai dan seminar; mengabdi dan mengajar di Desa Geger, Kecamatan Kedungadem; Try Out SBMPTN; Airlangga futsal and dance competition; dan ditutup dengan acara awarding night.

“Muleh Omah Project tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Konsepnya kita kembangkan lagi. Kalau tahun lalu pengabdian masyarakat tidak menginap, sekarang kita agendakan untuk menginap satu hari. Kemudian untuk kompetisi futsal, kalau dulu hanya lomba futsal, tahun ini ada penambahan jenis kompetisi yaitu dance yang dilaksanakan di GOR Bojonegoro,”  Ujar Ma’arif, ketua ABC periode 2017-2018.

Kegiatan mengabdi dan mengajar yang diadakan di Desa Geger, Kecamatan Kedungadem, dilakukan pada tanggal 17-18 Januari lalu. Kegiatan yang dilakukan antara lain mengajar murid-murid MI Muhammadiyah 27 Geger, kemudian dilanjut dengan sosialisasi mengenai kebersihan, pendidikan formal dan informal, serta mengenai kewirausahaan.

Di hari berikutnya, diadakan kerja bakti membersihkan jalan dan masjid kemudian, lalu dilanjutkan pembagian dengan sembako kepada warga Dusun Kalitengah, Desa Geger, yang disambut antusias oleh warga sekitar.

“Kami serombongan disambut baik oleh kepala sekolah, guru MI Muhammadiyah, serta warga di sini. Kami mengadakan acara di Desa Geger ini karena memang desa ini masih terbilang jauh dari perkotaan, dan jauh dari pusat pemerintahan di Kota Bojonegoro. Dari sini kami tahu bahwa sebagai mahasiswa kita harus menebar kebermanfaatan untuk orang lain, terlebih untuk masyarakat terpencil di kota sendiri,” ungkap Indra Pratama, ketua pelaksana ABC Mengabdi dan Mengajar.

Selain kegiatan pengabdian masyarakat, kegiatan mengenai pendidikan juga tak luput dilakukan untuk mengisi liburan semester. Try out SBMPTN dan lomba esai serta seminar menjadi kegiatan tahunan ABC dengan sasaran siswa SMA sederajat. Lomba esai dan seminar dilaksanakan pada 13 Januari, di Ruang Angling Dharma, Gedung Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Tema yang diusung adalah Pembangunan Berkelanjutan di Era Digital. Acara ini mendatangkan Owner PT Jawa Pos Media Televisi Surabaya (JTV), Imawan Mashuri, berlangsung dengan lancar dan antusiasme dari peserta seminar cukup tinggi.

Sementara itu, try out SBMPTN 2018 diadakan pada 21 Januari di MAN 1 Bojonegoro. Try out berjalan cukup sukses dan menarik minat siswa SMA untuk mengikuti. Total peserta try out berjumlah 562 siswa di seluruh sekolah menengah di Bojonegoro.

“Alhamdulillah acara try out tahun ini bisa berjalan dengan lancar. Peserta yang mengikuti juga banyak. Kendala-kendala dapat teratasi dengan baik. Try out ini selain menjadi bentuk pengabdian kami lewat pendidikan, juga sebagai wahana untuk merekatkan teman-teman ABC, khususnya angkatan 2017 yang baru memulai perkuliahan di tahun pertama,” ujar Komari Aldi, ketua pelaksana try out SBMPTN 2018.

Melihat antusias yang tinggi dalam hal olahraga dan seni pada siswa SMA di Bojonegoro, ABC mengadakan kompetisi futsal dan modern dance. Kompetisi futsal ini tidak hanya untuk laki-laki tetapi juga diadakan untuk perempuan. Acara yang diadakan sejak 21-27 Januari ini, disaksikan oleh banyak siswa yang datang untuk mendukung tim sekolah maupun hanya menyaksikan pertandingan.

Hasilnya, kompetisi futsal kategori putra dimenangkan oleh SMAN 3 Bojonegoro, kategori putri dimenangkan oleh SMK 4 Bojonegoro, serta pemenang lomba modern dance dari SMAN 1 Sugihwaras, Bojonegoro.

Puncak kegiatan ABC Muleh Omah Project 2018 adalah awarding night yang dilaksanakan pada 29 Januari. Sebagai penutup, awarding night mengundangan alumni serta pemenang dari setiap kompetisi yang diadakan. Mulai dari juara try out sampai pemenang kompetisi futsal dan modern dance.

“Dari serangkaian acara Muleh Omah Project ini, harapannya kegiatan dapat terus ada karena sungguh menyenangkan bisa kembali ke daerah asal kami, bisa mengabdi untuk daerah kami, bisa memajukan daerah kami, Bojonegoro,” ungkap Ma’arif.

Penulis: Deviyanti Wahyu Izati (Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat UNAIR angkatan 2015)

Editor: Binti Q. Masruroh

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone