Ilustrasi
Ilustrasi: Feri Fenoria
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Pembukaan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2018 tinggal menghitung hari. Tepat pada tanggal 21 Februari mendatang, seluruh siswa SMA sederajat bisa melakukan pendaftaran dan menentukan program studi pilihan.

Meski tinggal menghitung hari, nyatanya ada sebagian calon peserta belum memahami alur pendaftaran dan informasi seputar program studi pada kampus tujuan yang akan dipilih. Hal itu dapat dilihat dari ramainya kunjungan sekolah-sekolah dari berbagai daerah ke Universitas Airlangga menjelang hari pendaftaran.Tercatat sepanjang bulan Januari, UNAIR telah menerima banyak kunjungan dari berbagai SMA.

Ditemui UNAIR NEWS pada Rabu (31/1), Hedy Diah Syahputri, S.Ikom., selaku Staf Pusat Informasi dan Humas (PIH) UNAIR mengatakan bahwa selama bulan Januari sudah ada puluhan sekolah dari berbagai daerah yang berkunjung ke UNAIR. Selain untuk mematangkan informasi mengenai jalur masuk di UNAIR, rata-rata para siswa juga menanyakan berbagai program studi dan prospek ke depannya.

“Siswa pada umumnya juga banyak yang bingung apa bisa memilih prodi yang tidak linier dengan jurusannya sekarang,” terang Hedy.

Tidak hanya seputar jalur masuk dan program studi. Dalam kunjungan yang rata-rata diikuti ratusan siswa itu, banyak yang menanyakan seputar beasiswa dan biaya kuliah pada masing-masing prodi. Menurut Hedy, itu adalah hal yang lumrah. Pasalnya, tidak semua siswa yang hadir dan ingin kuliah berasal dari kalangan orang yang berada.

“Ada sebagian yang menanyakan berbagai beasiswa dan biaya kuliah di UNAIR,” jelas alumni Ilmu Komunikasi UNAIR itu.

Pada akhir, Hedy mengatakan bahwa untuk sekolah yang akan melakukan kunjungan pada bulan Februari, akan dialihkan untuk mengikuti kegiatan Airlangga Education Expo yang bakal dilangsungkan pada tanggal 23 hingga 35 Februari mendatang. Hal itu dilakukan untuk lebih mengefektifkan waktu dan memberikan kesempatan pada guru dan siswa untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

“Jadi mereka yang akan melakukan kunjungan pada bulan Februari, kami himbau untuk mengikuti kegiatan Airlangga Education Expo,” terang Hedy. “Karena pada esensinya sama dan bahkan lebih lengkap informasinya pada pameran mendatang,” imbuhnya.

 

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Binti Quryatul M

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone