Ilustrasi
Ilustrasi oleh Feri Fenoria
ShareShare on Facebook22Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Bidikmisi Goes to Shool (BMGTS) merupakan program kerja tertua di Organisasi Bidikmisi Universitas Airlangga (AUBMO, red) yang menggandeng pihak direktorat kemahasiswaan UNAIR untuk melakukan sosialisasi mengenai bidikmisi dan UNAIR. Kegiatan itu dilaksanakan selama libur semester ganjil yang meliputi 86 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Misi utama BMGTS ialah memotivasi generasi emas bangsa Indonesia agar mereka tidak buta informasi mengenai perguruan tinggi  terutama bagi keluarga dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah. Selain itu, BMGTS juga bertekad menghapuskan opini masyarakat bahwa kuliah untuk orang-orang yang berduit saja.

Menurut Tegar Dimas, selaku ketua BMGTS, alasan diadakan program BMGTS dikarenakan kebanyakan informasi mengenai bidikmisi hanya diperoleh oleh anak-anak di kota saja, sedangkan yang berada di desa masih sangat minim informasi mengenai info tersebut sehingga pihak kemahasiswaan UNAIR membuat suatu rancangan program BMGTS yang menggandeng AUBMO.

“Awal diadakannya BMGTS diikuti kurang dari 30 mahasiswa bidikmisi, tapi sekarang alhamdulillah lebih dari 600 mahasiswa bidikmisi aktif bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini,” ungkap mahasiswa  Antropologi tersebut.

Tegar juga menceritakan bahwa dibalik suksesnya BMGTS sekarang tentu tidak bisa luput dari berbagai masalah. Sulitnya mengatur waktu antara pihak kemahasiswaan dan mahasiswa untuk berkoordinasi menjadi masalah utama kegiatan itu. Selain itu, banyak juga sekolah-sekolah yang sangat fokus terhadap Ujian Nasional sehingga tidak tertarik dengan BMGTS. Di sisi lain, banyak sekolah di daerah yang belum terdaftar di PDSS karena pihak sekolah belum paham mengenai alur pendaftaran bidikmisi.

Selanjutnya, mahasiswa yang akrab disapa Tegar berharap dengan adanya BMGTS itu semua masalah yang dihadapi oleh sekolah mengenai bidikmisi dapat teratasi. Siswa-siswa yang terkendala keadaan ekonomi untuk kuliah juga bersemangat, tidak mudah putus asa, dan berani mencoba.

“Ini merupakan pengalaman yang tidak bakal saya lupakan sampai kapanpun. Saya hanya bisa menghaturkan beribu terima kasih kepada panitia BMGTS dan peserta BMGTS yang sangat hebat. Saya belajar banyak hal dari mereka mengenai apapun. Selain itu, saya juga berterimakasih kepada AUBMO dan kementrian pengabdian masyarakat yang telah mempercayai saya untuk memegang amanah ini. Pokoknya mereka semua hebat! Sukses untuk sosialisasinya kawan!,” pungkasnya.

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook22Tweet about this on Twitter0Email this to someone