Ilustrasi: Feri Fenoria
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Devi Kurniawan, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) 2018, memberikan tanggapan terkait dengan pentingnya organisasi bagi mahasiswa. Dalam kehidupan kampus, organisasi merupakan sesuatu yang pasti ada. Namun, tidak dapat ditampik, masih ada mahasiswa yang tidak mengikutinya.

Menurut Devi, manusia sebagai mahluk sosial tentu membutuhkan kerja sama dalam berkehidupan, di semua bidang. Sikap berinteraksi dan tolong menolong menjadi naluri manusia saat terjun di masyarakat. Bergabung dalam organisasi, lanjut dia, pasti akan melatih kerja sama tersebut serta membiasakan diri untuk menghargai waktu.

“Hingga saat ini, dari pengalaman berorganisasi, manfaat yang bisa diambil adalah saya lebih menghargai waktu. Sebab, sedetik menjadi berarti karena jadwal yang padat,” ujarnya.

Organisasi dan mahasiswa memang tidak dapat dipisahkan. Terkadang padatnya kewajiban utama sebagai mahasiswa serta banyaknya kegiatan organisasi membuat mereka mesti memiliki skala prioritas. Karena itu, dalam perjalanannya, tidak jarang para mahasiswa menemui beberapa kendala. Baik yang berarti maupun tidak.

Devi mengakui, hingga saat ini, dirinya belum mengalami kendala. Dia berharap kendala tersebut tidak ditemuinya. Salah satu caranya adalah membuat prioritas dan pembagian waktu secara jelas serta bertanggung jawab.

”Dalam membagi waktu, saya menggunakan skala prioritas dan tidak menunda pekerjaan. Sebab, hal itu dapat memberikan efek domino untuk hal yang lain. Jika dibiarkan, urusan lainya turut menjadi korban,” ungkap staf PSDM BEM UNAIR 2016 tersebut.

Sejauh ini, orang tua Devi selalu mendukung kegiatannya. Dia sangat beruntung karena mereka turut menyukai organisasi. Karena itu, Devi tidak sulit meyakinkan keduanya. Meski demikian, dia tetap berusaha menjaga kepercayaan yang telah diberikan orang tua kepadanya itu.

”Yang mendorong saya untuk terus berkiprah di dalamnya (organisasi, Red) adalah pengalaman organisasi tidak bisa didapatkan di perkuliahan. Selain itu, dengan berorganisasi, hidup kita bisa bermanfaat bagi orang lain. Meski sekalanya tidak terlalu signifikan. Tapi, itu adalah permulaan untuk kebermanfaatan yang lebih besar lagi,” tutur mahasiswa semester VI tersebut.

Penulis: Pradita Desyanti

Editor: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone