Perkaya Tulisan di Blog UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Bloger terbaik
Bloger terbaik Dr. Suparto Wijoyo, SH, M.Hum., bersama Wakil Rektor IV Junaidi Khatib Ph.D., saat penyerahan hadiah. (Foto: Dok. Pribadi)

UNAIR NEWS – Banyak manfaat yang didapat ketika seseorang mau berbagi pengalaman maupun pikiran ke dalam tulisan dan membaginya di media, seperti web maupun blog. Di Universitas Airlangga, mahasiswa dan dosen difasilitasi blog pribadi yang dapat digunakan untuk berbagai gagasan dan ilmu pengetahuan.

Selain berbagi pemikiran, UNAIR melalui Direktorat Sistem Informasi dan Komunikasi (DSIK) memberikan reward bagi sivitas akademika yang aktif mengisi blog masing-masing, baik individu, program studi, maupun departemen. Dr. Suparto Wijoyo, SH, M.Hum., adalah salah satunya. Tahun 2017 lalu ia dinobatkan sebagai juara I dosen yang memperoleh penghargaan atas keaktifannya mengisi blog pribadinya. Atas keaktifannya itu, ia mendapatkan fasilitas laptop dari UNAIR, sama seperti tahun sebelumnya yang mana ia memperoleh juara III.

Dalam seminggu, setidaknya ada 4 hingga 5 tulisan yang ia unggah di blog pribadinya. Rupanya, dosen fakultas hukum ini telah langganan mengisi rubrik di beberapa media massa cetak. Tulisan itulah yang kemudia ia unggah di blog dalam waktu yang bersamaan.

Setidaknya ada 4 rubrik di media masa yang menggunakan namanya. Di antaranya, kolom Kontemplasi di Surabaya Pagi, kolom Sumamburat di Harian Bangsa, Tajalli di harian Duta Masyarakat, ia juga menulis untuk beberapa majalah hukum, salah satunya di majalah Koridor. Semua tulisan di media massa itu, selalu tampil di halaman paling depan.

“Saya menulis di blog yang difasilitasi UNAIR untuk menampung respon akademik terhadap berbagai isu publik. Dalam rangka itulah karena saya juga penulis di banyak media,” ujarnya.

“Bagi saya itu bagian dari sumbangsih sebagai sivitas akademika UNAIR dalam memberikan solusi berbagai macam problematika. Itu kapatitas yang dapat saya berikan sebagai akademisi,” tambahnya.

Sebelumnya, keaktifan Suparto dalam membagikan tulisan di blog UNAIR tidak seaktif dalam dua tahun terakhir. Karena motivasi dari berbagai pihak, memposting tulisan di blog itu menjadi sebuah kebiasaan. Apalagi ia sadar, semakin banyak sivitas yang aktif mengisi blog, maka turut mendoring nama UNAIR di kancah nasional maupun internasional.

Komitmen UNAIR dalam meningkatkan keaktifan menulis para sivitas tidak macam-macam. Setiap tahun, ada reward yang diberikan khusus untuk para penulis aktif di blog.

“Dulu nggak rajin meng-upload. Karena tidak pernah membayangkan ada motivasi yang diberikan oleh kampus,” papar Suparto.

Kadang, dalam mem-publish tulisan di blog, Suparto menuai beberapa kendala, seperti jaringan yang kurang stabil. Maka itu lah ia berharap jaringan internet di lingkungan UNAIR lebih diperhatikan lagi.

“Saya sering ada hambatan di jaringan, seperti maintenance. Saya berharap jaringan IT di UNAIR lebih ditingkatkan. Karena itu penting, dan saya merasakan hikmahnya,” katanya.

Ia pun berharap, dosen-dosen lain di lingkungan UNAIR aktif dalam membagikan pikiran-pikirannya di media yang telah disediakan kampus. “Kalau ingin UNAIR diperhituingkan di level dunia, mari rajin pikiran-pikiran diunggah di dalam blog. Karena sangat berpengaruh untuk menentukan UNAIR di level internasional,” paparnya.

Anda dapat menyelami pemikiran Suparto di blognya yang dapat diakses melalui laman http://supartowijoyo-fh.web.unair.ac.id/ . (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Editor: Nuri Hermawan

Berita Terkait

Nuri Hermawan

Nuri Hermawan

Leave Reply

Close Menu