Lebih dari 10.000 Siswa Se-Indonesia Ikuti DENTINE di FKG

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
siswa
Sebagian dari peserta DENTINE 2018. (Dok. FKG)

UNAIR NEWS – Salah satu kegiatan terbesar BEM Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (UNAIR) yaitu DENTINE 2018 (Dentistry Intellectual Challenge). Kompetisi tahunan itu dibuka pada Minggu (21/1) oleh Dekan FKG Dr. R Darmawan Setjianto, drg., M.Kes. Pembukaan kompetisi itu diiringi oleh tim Paskibraka SMAN 5 Kota Surabaya dan antusias para peserta DENTINE.

DENTINE merupakan event tahunan berupa olimpiade MIPA dan kedokteran gigi dasar untuk siswa SMA di seluruh Indonesia. Pada tahun ke 10 ini, DENTINE 2018 berhasil menjaring 3448 tim atau lebih dari 10.000 siswa yang tersebar di 22 wilayah di Indonesia, terdiri dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, hingga Balikpapan. Peningkatan jumlah peserta DENTINE tiap tahunnya merupakan salah satu bukti bahwa FKG UNAIR semakin dikenal oleh siswa SMA di Indonesia.

Koordinator kemahasiswan dan keilmiahan, Dr. Anis Irmawati, drg., M.Kes memberi tanggapan positif terkait prestasi mahasiswa FKG yang mampu menyelenggarakan kegiatan bertaraf nasional yang melibatkan banyak peran dari mahasiswa, dosen, hingga siswa SMA di Indonesia.

“Kegiatan ini guna mengakomodir kemampuan siswa SMA di Indonesia dalam bidang akademik, khususnya MIPA dan kedokteran gigi dasar,” ujar I Nyoman ketua pelaksana DENTINE 2018 yang ditemui di sela kegiatan.

Tidak hanya bidang akademik saja, peserta juga bisa menyalurkan kemampuannya dalam penulisan esai seperti pada DESCOM, ataupun non akademis yaitu dalam DSTART.

“Harapannya, semoga kegiatan ini bisa membuka wawasan siswa untuk meraih prestasi dan bersaing menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” tambah Nyoman.

Wanda Riskyna salah satu juara rayon Balikpapan mengungkapkan rasa bahagianya usai meraih juara. Ia tidak menyangka dapat lolos menuju semifinal bersama 53 tim lainnya yang tersebar dari 22 kota di Indonesia.

Seperti yang telah diketahui, olimpiade MIPA dan kedokteran gigi DENTINE 2018 merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari tiga kegiatan besar, yaitu D’START (kompetisi dalam bidang olah raga), DESCOM (kompetisi penulisan esai ilmiah), dan DENTINE.

Pada babak penyisihan, setiap tim akan mengerjakan soal-soal matematika, fisika, biologi, kimia, dan kedokteran gigi dasar. Nantinya, dua tim dengan perolehan skor tertingi pada setiap kota serta sepuluh peringkat nasional terbaik akan diundang ke Surabaya untuk bersaing dalam final DENTINE pada Minggu (28/1) nanti. (*)

Penulis: Ulfi Putriadi G. dan Y. Merlindika S.

Editor: Binti Q. Masruroh

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu