Penyerahan
Penyerahan lulusan dokter gigi baru FKG Universitas Airlangga pada Rabu (17/1) dari Dekan FKG Universitas Airlangga Dr. Darmawan Setijanto, drg., M.Kes., kepada Perwakilan Ikatan Alumni (IKA) FKG UNAIR yang diwakili drg. Fida Nuraida, M.Kes. (Foto: Muhammad Faisal)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Menjadi seorang dokter gigi sebaiknya tidak berfokus pada masalah kedokteran gigi saja. Namun, mereka mesti mampu berfungsi menjadi tenaga medis atau pelopor bidang kesehatan. Terutama melalui pemahaman ilmu yang telah didapat dan dikuasai.

Itulah yang menjadi poin dalam penerimaan IKA Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga terhadap para dokter gigi baru yang dilantik pada Rabu (17/1). IKA FKG merupakan organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi para alumni FKG UNAIR agar dapat tetap bersatu demi kemanfaatan untuk bangsa Indonesia.

Saat ini banyak anggotanya yang menduduki beberapa posisi strategis dan penting. Mulai pejabat pemerintahan hingga perwira tinggi. Salah seorang di antaranya adalah Laksma TNI  Drg. R.A Nora Lelyana. Bahkan, dia kini menjabat kepala dinas kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) dan baru dilantik menjadi ketua IKA FKG UNAIR.

”Seorang dokter gigi tentu mempunyai peluang untuk dapat menempati lapangan pekerjaan yang sangat luas. Bukan hanya menjadi dokter gigi. Namun, mereka (Dokter gigi baru, Red) bisa menduduki posisi yang strategis,” tutur Laksma TNI  Drg. R.A  Nora setelah prosesi pelantikan dokter gigi dan dokter gigi spesialis di Graha BIK-IPTEKDOK.

”Ini terbukti dari alumni yang telah berkiprah. Bahkan, mereka mampu menduduki posisi strategis di luar displin ilmu kedokteran gigi,” imbuhnya.

FKG UNAIR memiliki kelebihan dalam mencetak lulusan. Hal itu disebabkan adanya pendidikan secara komprehensif ketika masa perkuliahan.

”Pendidikan di FKG UNAIR mendukung suasana kerja kelak. Iklim pembelajaran yang komprehensif itulah yang membuat lulusan terbiasa menyelesaikan permasalahan secara komprehensif,” ungkap Laksma TNI  Drg. R.A  Nora.

Dengan berbekal ilmu yang dikuasai, dokter baru harus dapat menjadi pionir dalam bidang kesehatan untuk meningkatkan rasa kemanusiaan terhadap sesama. Salah satu jalan yang bisa diambil melalui bidang militer yang merupakan organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan.

” Di manapun berkarir, kita (alumni, Red) harus mampu memberikan kontribusi terbaik bagi negara. Keuntungan menjadi seorang dokter adalah kita memiliki ladang amal yang dapat kita manfaatkan. Yang tentu berguna bagi orang di sekitar kita,” kata Laksma TNI  Drg. R.A  Nora.

Peran IKA FKG UNAIR tentu sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat. Khususnya di bidang kesehatan. Jadi, diperlukan adanya persatuan yang kuat untuk membangun sebuah relasi atau jaringan sebagai alumni FKG UNAIR.

”Dengan relasi yang kuat tersebut, sesama alumni mampu bekerja secara bareng-bareng. Pada akhirnya, ini dapat memperkuat tali kekeluargaan sesama alumni sehingga kiprah pengabdian terhadap masyarakat dan kemanusiaan berjalan tanpa banyak adanya kendala,” sebutnya.

Penulis: Achmad Chasina Aula/ Gilang R. Sabdho Wening

Editor: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone