Campus Expo
Fokus: Siswa SMA saat mendengarkan paparan seputar kampus di stan UNAIR. (Foto: Agus Irwanto)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Stan Universitas Airlangga ramai dipadati pelajar SMA dalam acara “Campus Expo” yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMA se-Surabaya, Kamis (18/1). Campus Expo yang dilaksanakan di DBL Arena, Graha Pena, Kota Surabaya ini dihadiri oleh seluruh pelajar SMA di Kota Surabaya.

Seperti dijelaskan M. Imron selaku ketua MGBK Kota Surabaya, pameran pendidikan ini diadakan untuk memenuhi layanan informasi anak didik, terutama mereka yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

“Dengan diadakan campus expo ini diharapkan mereka mendapatkan cukup informasi tentang perguruan tinggi yang akan dituju,” ujar Imron.

Selain UNAIR, ada 55 perguruan tinggi lain yang mengikuti pameran. Perguruan tinggi itu bukan hanya dari wilayah Jawa Timur, namun juga dari daerah lain. Seperti Universitas Trisakti, Jakarta dan Institut Seni Indonesia, Yogyakarta.

Meskipun diperuntukkan bagi siswa SMA, namun dalam pameran itu ada juga siswa SMK yang datang untuk menggali berbagai informasi seputar perguruan tinggi.

“Pengunjung pameran merupakan semua siswa SMA se-Surabaya, bahkan ada juga sebagian yang dari SMK,” tambah Imron menjelaskan.

Mewakili UNAIR, Thia Aminah Rahmawati, S.Pi selaku staf Pusat Informasi dan Humas  mengatakan, sebagian dari para pengunjung bertanya seputar pilihan program studi lintas jurusan pada jalur SNMPTN, biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa kuliah di UNAIR, berapa passing grade setiap jurusan, serta prospek kerja usai lulus kuliah nantinya.

“UNAIR tidak memasang passing grade, yang ada keketatan. Misal prodi Pendidikan Dokter untuk jalur SNMPTN sebesar 20,40. Artinya, 1 anak bersaing dengan 20 peserta. Pada prodi Manajemen, keketatan sebesar 21,97 atau 22. Artinya, 1 anak bersaing dengan 22 peserta,” ujar Thia.

Evika Aisyah siswa dari SMA 10 Surabaya misalnya. Rela mengantri di belakang puluhan pengunjung lain untuk memperoleh informasi cara masuk prodi Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, sebagai prodi impiannya. Ia mengatakan, pameran ini sangat berguna bagi siswa SMA. Mengingat, mulai 21 Februari nanti sudah dibuka pendaftaran masuk perguruan tinggi untuk jalur SNMPTN.

“Pameran ini berguna sekali, sehingga saya mengetahui daya tampung dan tingkat persaingan masuk FKG UNAIR,” ujar Evika.

Sementara itu, selain mengikuti Campus Expo dalam beberapa kesempatan, UNAIR juga menerima kunjungan bagi sekolah yang ingin berkunjung langsung ke UNAIR. Di hari yang sama, UNAIR menerima kunjungan dari SMAN 11 Surabaya dan SMAN 1 Manyar, Gresik. (*)

Penulis: Agus Irwanto dan Binti Q. Masruroh

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone