Sosialisasi
Salah satu mahasiswa saat memberikan informasi seputar UNAIR. (Foto: Dok. Pribadi)
ShareShare on Facebook111Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Jelang pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional (SBMPTN), Ksatria Airlangga Kebumen melakukan sosialisasi tentang Universitas Airlangga kepada siswa SMA sederajat di Kebumen, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 – 7 Januari 2017. Ada enam sekolah yang menjadi sasaran sosialisasi Ksatria Airlangga Kebumen, yaitu SMAN 1 Kebumen, SMAN 2 Kebumen, SMAN 1 Gombong, SMAN 1 Prembun, SMAN 1 Kutowinangun, dan MAN 2 Kebumen.

Berbekal dengan sosialisasi itu, M. Najib Rahman selaku koordinator kegiatan mengatakan bahwa tahun ini diharapkan, minimal ada 25 siswa asal Kebumen yang bisa diterima dan menimba ilmu di UNAIR, mengingat hingga saat ini masih sangat sedikit pelajar asal Kebumen yang kuliah di UNAIR.

“Banyak sekali pelajar Kebumen yang belum tahu mengenai UNAIR. Sebagian besar dari mereka hanya mengetahui universitas yang berada di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Oleh karena itu mahasiswa UNAIR asal Kebumen sangat bersemangat untuk mengenalkan seluk beluk tentang UNAIR,” terang mahasiswa S1 Ekonomi Pembangunan itu.

Selain mengenalkan tentang UNAIR, Najib yang juga alumni SMAN 2 Kebumen itu mengatakan bahwa ia dan tim juga menyosialisasikan tentang bidikmisi. Pasalnya, sebelum kembali ke daerah ia juga mendapatkan arahan dari UNAIR untuk memberikan arahan tentang bidikmisi.

“Para siswa sangat antusias ketika dikenalkan tentang UNAIR. Banyak dari mereka yang awalnya masih bingung menetukan akan melanjutkan studi dimana. Dengan ini mereka mulai memperhitungkan UNAIR untuk dijadikan target melanjutkan studi,” imbuhnya.

Tidak hanya Najib, Bustanul Haq salah satu tim yang memberikan sosialisasi mengatakan, setelah sosialisasi ia merasa sangat senang. Pasalnya, selain bisa berbagi informasi ke adik angkatan yang ingin kuliah, ia juga bisa mengenang masa saat dulu berjuang untuk menjadi seorang mahasiswa seperti sekarang ini.

“Tujuan dari sosialisasi ini adalah berbagi ilmu dan pengalaman. Karena hal ini sangat bermanfaat bagi siswa yang  mempunyai keinginan unuk berkuliah. Sehingga mereka mempunyai gambaran akan kuliah dimana dan prodi apa yang sesuai dengan bakat,” paparnya.

Selanjutnya, mahasiswa yang akrab disapa Haq itu juga mengatakan, ia dan tim selalu berupaya menepati hal-hal yang telah disampaikan saat sosialisasi. Misalnya membantu menyediakan penginapan untuk siswa yang akan mengikuti SBMPTN di UNAIR ataupun mahasiswa baru yang akan daftar ulang.

“Semoga setiap tahun mahasiswa dari Kebumen yang kuliah di UNAIR bisa bertambah lebih banyak,” pungkasnya.

Penulis: M. Najib Rahman

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook111Tweet about this on Twitter0Email this to someone