Campus Expo
Siswa SMAN 18 Surabaya saat mendengarkan paparan mengenai kampus. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook56Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Universitas Airlangga hadir dalam pameran kampus yang digelar di SMAN 18, Kota Surabaya. Dalam pameran kampus yang diadakan oleh alumni SMAN 18 Surabaya itu, sebanyak 217 siswa kelas XII antusias menyimak sosialisasi yang diberikan oleh perwakilan dari UNAIR. Terlebih, tak lama lagi, mereka akan menghadapi seleksi masuk perguruan tinggi.

Cukup banyak siswa yang antusias menanyakan tentang syarat dan ketentuan untuk bisa diterima menjadi mahasiswa UNAIR. Tak ayal, Pulung Siswantara S.KM, M.KM., setelah memberikan sosialisasi mewakili UNAIR diberondong beragam pertanyaan dari para peserta yang sebagian besar ingin melanjutkan studi di UNAIR.

Salah satunya adalah Annisa. Berikut pertanyaan yang dia ajukan. Apa bisa anak IPA ngambil jurusan IPS?

Menjawab pertanyaan itu, Pulung yang juga menjabat sebagai dosen FKM UNAIR serta koordinator protokol UNAIR mengatakan, pada jalur SNMPTN tidak disarankan bagi siswa untuk mengambil jurusan yang tidak sejalur dengan jurusannya ketika di SMA. Sebab, Panitia jalur SNMPTN mempertimbangkan nilai mata pelajaran yang linier dengan prodi pilihan.

Namun, hal itu tidak berlaku untuk seleksi jalur SBMPTN. Sebab pada ujian tulis ini, pertarungan bebas, sehingga bisa lintas minat. Asal, peserta tes dapat menguasai materi yang diujikan.

Pertanyaan lain datang dari Dodi. Berikut pertanyaan yang ia ajukan. Apakah sertifikat keikutsertaan lomba bisa dilampirkan?

Menjawab pertanyaan itu, Pulung mengatakan bahwa sertifikat boleh saja dilampirkan. Namun hal ini tidak menjadi poin penilaian. Yang menjadi pertimbangan penilaian hanya juara I, II, III, harapan I, II, dan III. Juara itu didapat dalam kompetisi minimal tingkat provinsi atau penyelenggara dari perguruan tinggi negeri (PTN).

Tahun 2018 ini, belum ada jumlah resmi kuota jalur SNMPTN. Informasi seputar ini baru dilaunching sekitar tanggal 12 dan 13 Januari besok.

Tahun 2017 lalu, keketatan prodi Pendidikan Dokter sebagai salah satu prodi favorit di UNAIR mencapai 1:20 pada jalur SNMPTN, 1:40 pada jalur SBMPTN, dan 1:80 pada jalur Mandiri. Di tahun yang sama, keketatan beberapa prodi meningkat dari tahun sebelumnya pada jalur SNMPTN.

Selain UNAIR, ada beberapa perguruan tinggi yang turut serta dalam pameran kampus yang dilangsungkan pada Kamis (11/1). Diantaranya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya; Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran”; Universitas Negeri Surabaya; Universitas Brawijaya, Malang; dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Surabaya. (*)

Penulis: Binti Q. Masruroh

Editor: Nuri Hermawan

ShareShare on Facebook56Tweet about this on Twitter0Email this to someone