olahraga
INILAH maket atau miniatur dari model bangunan ketiga fasilitas olahraga baru di Kampus C UNAIR. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Diharapkan dalam waktu yang tidak lama lagi, Universitas Airlangga akan memiliki tiga fasilitas olahraga baru. Ketiga fasilitas olahraga itu adalah lapangan basket, lapangan tennis, dan lapangan futsal. Ketiga lapangan tersebut semuanya terbuka (outdoor) dan akan dibangun bersebelahan di lahan yang letaknya di kawasan belakang gedung student center (SC) di kampus C UNAIR Jl. Mulyorejo Surabaya.

Tiga fasilitas olahraga tersebut akan dibangun dengan panjang 110 meter dan lebar 60 meter. Pembangunan fasilitas olahraga ini merupakan tanggungjawab sosial dari sebuah perusahaan, yaitu Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Harvest Gorontalo Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang suplemen herbal. Kesepakatan itu telah tertuang dalam MoU (Memorandum of Understanding – kerjasama kesepahaman) antar kedua pihak yang dilaksanakan pada Desember 2017 lalu.

Saat ini, pembangunan lapangan olahraga tersebut sedang dalam proses pematangan desain. Karena itu, Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., CMA dengan didampingi antara lain Sekretaris Universitas Drs. Koko Srimulyo, M.Si., Kamis (4/1) pagi meninjau lokasi calon pembangunan fasilitas olahraga tersebut.

Ditemui secara terpisah, Direktur Sarana Prasarana UNAIR, Karnaji, S.Sos., M.Si., menerangkan, pembangunan ketiga fasilitas olahraga tersebut akan dimulai awal Februari mendatang, dan diperkirakan akan selesai dalam waktu sekitar empat bulan kemudian. Sehingga pertengahan tahun 2018 ini sivitas akademika UNAIR, khususnya mahasiswa, sudah bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

”Pembangunan tiga lapangan ini akan menambah fasilitas olahraga yang sudah dimiliki UNAIR selama ini, yaitu lapangan futsal dan GOR yang bisa digunakan untuk voli dan basket, serta satu arena olahraga panjat tebing,” ujar Karnaji.

olahraga
REKTOR Universitas Airlangga Prof. M. Nasih (menunjuk) ketika meninjau calon lokasi pembangunan tiga lapangan olahraga baru di kampus C, Kamis (4/1). (Foto: Istimewa)

Pengerjaan proyek ini sepenuhnya ditangani oleh PT. Harvest Indonesia selaku perusahaan yang memberi CSR kepada UNAIR. Jika dinominalkan, proyek ini diperkirakan mencapai sekitar Rp 1 miliar.

Sementara itu, Sekretaris Universitas Drs. Koko Srimulyo, M.Si., juga berharap melalui pembangunan fasilitas baru olahraga ini maka akan semakin banyak fasilitas olahraga yang tersedia bagi sivitas akademika, khususnya untuk mahasiswa.

Selain itu, dengan pembangunan fasilitas olahraga ini diharapkan bisa membagi keramaian aktivitas mahasiswa UNAIR. Sebab, selama ini kegiatan keolahragaan masih berpusat di lapangan futsal dan GOR, keduanya juga di kampus C.

Ditemui usai melakukan peninjauan yang dilakukan Kamis (4/1) pagi, Rektor UNAIR Prof. Moh. Nasih mengatakan bahwa pembangunan tiga lapangan itu akan segera dilakukan. Tujuannya agar fasilitas olahraga ini dapat segera dimanfaatkan oleh mahasiswa UNAIR.

”Segera (dibangun, Red). Lahannya sudah diukur-ukur. Agar segera bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa, sehingga mahasiswa bisa dapat tempat untuk berolahraga,” ujar Prof. M. Nasih. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh

Editor : Bambang Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone