Prof. Nursalam
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Banyak hal yang dilakukan oeh Fakultas Keperawatan (FKp) sebagai bentuk komitmen mewujudkan cita-cita meraih kampus berstandar dunia dengan masuk list 500 terbaik di level internasional. Salah satunya, dengan menyiapkan jurnal terindeks scopus.

Dekan FKp Prof. Dr. Nursalam M.Nurs (Horns) menyampaikan, sekitar tiga bulan silam, proses review jurnal oleh pihak terkait sudah dilakukan. Dalam tiga sampai sembilan bulan ke depan, keputusan akan dikeluarkan. Secara umum, pihak FKp yakin bahwa Jurnal Ners yang mereka terbitkan bakal bisa terindeks scopus. Apalagi, selama ini, fakultas tersebut sudah melakukan persiapan yang matang.

Misalnya, dengan melakukan studi banding ke sejumlah fakultas atau kampus yang sudah memiliki jurnal terindeks scopus. Antara lain, di Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan lain sebagainya. “Kami juga sudah pernah berkomunikasi dengan kampus di Filipina. Maka itu, kami yakin cita-cita ini akan tercapai pada 2018,” kata dia.

Diterangkan Nursalam, tidak banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurnal terindeks Scopus. Bila Jurnal Ners UNAIR sukses meraih capaian ini, tentu akan mencatatkan rekor atau sejarah tersendiri di kampus Airlangga.

Bila berjalan sesuai rencana, pada 7 sampai 8 April mendatang, FKp juga akan menggelar Internasional Nursing Conference ke-9. Konferensi itu bakal menghadirkan para pakar dari UNAIR sebagai pembicara. Juga, para ahli dari Taiwan, Jepang, Malaysia, Australia, Irlandia, dan negara-negara lainnya.

“Kami memasang target, paling tidak ada lima puluh artikel dari FKp UNAIR,” cetus dia. Para dosen sudah memersiapkan penelitian mereka secara maksimal. Terlebih, konferensi tersebut dipastikan akan terindeks scopus.

Langkah lain yang akan dilakukan oleh FKp tahun ini adalah membuka program studi S3. Sehingga, lengkaplah sudah semua jenjang studi perguruan tinggi bidang keperawatan tersedia di sini. Soal akreditasi, untuk jenjang S1 sudah meraih predikat A. Adapun S2, tengah proses reakreditasi. Saat ini masih B, namun dalam waktu dekat, FKp optimistis akan segera meningkat ke A. (*)

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm

Alumnus S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga. Penulis buku kumpulan esai “Menyikapi Perang Informasi”, kumpulan puisi “Balada Pencatat Kitab”, dan kumpulan cerita pendek “Merantau”. Editor foto dan berita di www.news.unair.ac.id. Bergiat di www.suroboyo.id.