Sampel buku bantal edukasi yang dijual di Expo Fakultas Keperawatan.
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Suasana halaman dalam Fakultas Keperawatan (FKp) Universitas Airlangga begitu semarak Selasa pagi (19/12). Sebuah kegiatan yang melibatkan mahasiswa digelar. Tenda besar didirikan, dengan jejeran meja-meja stan.

Acara kali ini bertajuk Nerspreneurship, Expo Mahasiswa Keperawatan Universitas Airlangga (UNAIR) 2017. Dalam event itu, para mahasiswa menjual produk baik yang berupa makanan, minuman, kreasi kudapan sehat, produk kesehatan alami, dan sebagainya.

Ada dua puluh empat kelompok mahasiswa yang membuka stan. Tiap kelompok, terdiri dari sekitar delapan mahasiswa. Sedangkan yang merubungi stan-stan mereka untuk membeli berasal dari kalangan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Selain makanan basah, ada pula kreasi lain seperti kripik wortel, masker jagung, dan lain-lain.

Salah satu kreasi yang menarik minat pengunjung adalah Hajite atau Hazna (indah atau bagus, Red) Jilbab Stetoskop. Produk ini memudahkan perempuan yang mengenakan jilbab untuk memasang stetoskop. “Kami mendesain agar stetoskop bisa lebih gampang dipakai tanpa harus memasukkannya ke bagian dalam jilbab untuk mencapai telinga,” ungkap Lailatul Rohmah Kurniawati, salah satu anggota kelompok mahasiswa yang menggagas desain jilbab ini.

Hajite, salah satu kreasi para mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya.

Di samping stan Hajite, ada stan lain yang tak kalah menarik. Yakni, “Buku Bantal Edukasi”, khusus bagi anak-anak. Buku tersebut berbentuk layaknya bantal dengan tulisan dan gambar edukatif. Antara lain, tentang bagian-bagian tubuh lengkap dengan terjemahan bahasa inggrisnya. Ada pula tentang apa saja yang perlu dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari, beraktifitas, sampai kembali tidur di malam hari.

“Ini adalah bagian dari mata kuliah kewirausahaan,” kata Angga Krisna, panitia pelaksana kegiatan.

Mahasiswa semester 3 itu mengutarakan, ada dua angkatan yang menjadi peserta. Yakni, angkatan 2014 (semester 7) dan angkatan 2016 (semester 3). Ada enam kelompok dari angkatan 2014, dan delapan belas kelompok dari angkatan 2016.

Dalam perkuliahan, kata alumnus SMAN 16 Surabaya itu, para mahasiswa digembleng untuk menjadi sosok yang berjiwa kewirausahaan. Utamanya, dari aspek mental dan semangat pantang menyerah. “Produk kewirausahaan kami berkutat pada bidang kesehatan. Makanan, minuman, dan produk perawatan maupun jasa yang diberikan, mesti berbasis kesehatan,” ungkap dia.

Selama ini, pihak kampus selalu mendukung prohgram-program mahasiswa. Termasuk, di ranah kreatifitas dan kewirausahaan. Sebab, secara umum, dekanat juga ingin mencetak lulusan yang mumpuni di bidang akademik maupun non akademik. Semangat juang kewirausahaan perlu menjadi landasan di setiap langkah para alumnus.

Dekan FKp Prof. Dr. Nursalam M.Nurs (Hons) mengatakan, pihaknya selalu mendukung aktifitas positif para mahasiswa apapun bentuknya. Sebagai misal, kegiatan yang berhubungan dengan olahraga, organisasi, dan kreatifitas. Dia mengutarakan, prestasi mahasiswa dari bidang manapun, memiliki peran mendongkrak reputasi baik bagi kampus. “Kami terus memfasilitasi,” urai dia.

Baik dari segi pendanaan, maupun birokrasi, pasti bakal dipermudah. Dengan demikian, para mahasiswa memiliki ruang ekspresi yang luas dan aplikatif. Para dosen juga telah memiliki visi yang sama dalam rangka pengembangan minat bakat tersebut. “Prestasi kami di bidang kreatifitas mahasiswa pada tingkat nasional juga mampu bersaing dengan fakultas dan kampus lain,” papar dia.

Ditambahkan Wakil Dekan I Dr. Kusnanto, apa yang diaplikasikan ini merupakan praktek dari sejumlah teori materi perkuliahan. “Jadi yang dipahami di kelas bisa langsung dikreasikan di lapangan. Menciptakan produk yang layak jual dan dibutuhkan publik,” ungkap dia. (*)

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm

Alumnus S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga. Penulis buku kumpulan esai “Menyikapi Perang Informasi”, kumpulan puisi “Balada Pencatat Kitab”, dan kumpulan cerita pendek “Merantau”. Editor foto dan berita di www.news.unair.ac.id. Bergiat di www.suroboyo.id.