ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UNAIR tidak pernah kehabisan semangat buat berprestasi. Termasuk, dari divisi beladiri, Perisai Diri (PD).

UKM ini meraih predikat membanggakan belum lama ini. Yakni, dalam event Kejuaraan Nasional Silat Perisai Diri ke XXVI yg bertempat di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya tgl 27 september sampai 02 oktober 2017. Dalam event tadi, PD berhasil membawa pulang satu emas, tiga perak, dan dua perunggu. Sedangkan dalam perhelatan Perisai Diri International Championship IX di Malang yang ditutup pada 2 November lalu, ksatria Airlangga sukses membawa dua perak dan satu perunggu.

Selama ini, UKM beladiri menjadi salah satu wadah berekspresi para mahasiswa. Tak hanya melatih fisik, beladiri juga mengajarkan para penghayatnya untuk disiplin, berkomitmen, dan pantang menyerah.

Nilai-nilai positif itu menyatu dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya, saat latihan. Namun, di semua kesempatan beraktifitas.

“Semoga ke depan, lebih banyak medali yg disumbangkan untuk UNAIR,” papar Ketua PD Yaniar Sari Ramadhani.

Yang menarik, keikutsertaan dalam turnamen atau pertandingan, imbuhnya, dapat menambah kedekatan antar anggota. Frekuensi latihan yang makin sering dan atmosfer yang membuat anggota-anggota saling butuh semangat adalah penyebabnya.

“Latihan harus serius dan saling menguatkan. Jangan lupa berdoa,” urai dia.

Yang tak kalah penting, menumbuhkan motivasi diri untuk siap bersaing dan bertanding. Tanpa itu semua, latihan tidak akan membuahkan hasil optimal.

Biasanya, latihan PD dilaksanakan seminggu dua kali. Namun, bila menjelang ikut kejuaraan, mereka berlatih enam kali seminggu, selama sebulan penuh sebelum bertanding. (*)

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm

Alumnus S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga. Penulis buku kumpulan esai “Menyikapi Perang Informasi”, kumpulan puisi “Balada Pencatat Kitab”, dan kumpulan cerita pendek “Merantau”. Editor foto dan berita di www.news.unair.ac.id. Bergiat di www.suroboyo.id.