Prof. H. Soedarto: UNAIR Harus Menyesuaikan Perkembangan Zaman

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Rektor Kesepuluh
Rektor kesepuluh UNAIR Prof H. Soedarto, dr., DTM&H., Ph.D., saat menghadiri Peringatan 1 Abad FK tahun 2013. (Foto: Dok. Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Memasuki usia ke-63 tahun, berbagai kalangan memiliki masukan sekaligus harapan untuk Universitas Airlangga, tak terkecuali rektor kesepuluh yang menjabat periode 1997-2001. Ialah Prof. H. Soedarto, dr., DTM&H., Ph.D., disela menghadiri sidang Dies Natalis UNAIR, Jumat (10/11), pria kelahiran tahun 1943 ini mengungkapkan doa dan harapannya untuk kemajuan UNAIR.

Prof. Darto, sapaan akrabnya, mengakui banyak perubahan yang terjadi selepas dirinya tidak lagi menjabat sebagai rektor hingga kini. Baik pengembangan keilmuan dengan bertambahnya fakultas, maupun perkembangan pola pikir dosen dan mahasiswa.

“Kemajuannya pesat sekali dibanding periode 1997-2001, apalagi dalam level internasional. Saya kira itu disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Para mahasiswa juga memiliki idealisme yang tinggi sekali, terbukti dengan beragam prestasi yang diraih,” ujar Prof Darto.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UNAIR ini juga mengatakan, salah satu yang harus terus diperbaruhi oleh UNAIR adalah pengembangan kurikulum. Hal itu mengingat keilmuan yang terus berkembang.

“Ilmu itu selalu maju terus, kurikulum harus selalu menyesuaikan dengan eranya, bahkan setelah lima tahun harus mulai diperbaruhi dan ditingkatkan,” ujarnya.

Meski demikian, upaya-upaya internasional harus terus ditingkatkan. Mengingat, persaingan SDM di Indonesia bukan hanya dalam lingkup nasional, namun sudah merambah ke tingkat internasional.

Professor yang pernah menjabat Pembantu Rektor I UNAIR tahun 1993-1997 ini berharap, UNAIR diharap dapat mengembangkan lokasi kampus yang dimiliki. Artinya, pembelajaran bukan hanya dilakukan di Surabaya, namun juga merambah kota-kota lain yang potensial untuk dikembangkan.

Di usia UNAIR yang ke-63 tahun, Prof. Darto berharap UNAIR semakin menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Baik perkembangan zaman di level nasional maupun internasional.

“Harapan saya, yang penting bagaimana kita menyesuaikan diri dengan perkembangan nasional maupun internasioanal. Jadi kampus ini menjadi area dimana para ilmuan bisa berkembang dengan bebas dan baik,” pungkasnya. (*)

Penulis : Binti Q. Masruroh

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu