Ilustrasi
Ilustrasi Alifian
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Seluruh elemen di lingkungan Universitas Airlangga memiliki peran yang sangat penting dalam menyongsong UNAIR menjadi kampus kelas dunia. Tidak terkecuali mahasiswa. Sebagai bagian terpenting dalam roda kehidupan kampus, mereka memiliki peran yang strategis. UNAIR News berhasil menghimpun berbagai peranan mahasiswa dalam mengantarkan UNAIR menjadi world class university (WCU).

Direktur Kemahasiswa Dr. Hadi Subhan menuturkan peran itu pada Rabu (8/11). Sebagai elemen terbanyak di UNAIR, mahasiswa, lanjut dia, memiliki potensi yang sangat besar. Terutama dalam segi minat, bakat, dan prestasi.

”Kesemuanya itu harus diorganisasi dan didorong untuk diarahkan kepada event yang bersifat internasional,” tutur Hadi.

Bukan hanya itu, bagi Hadi, dalam segi manajemen dan kepemimpinan, pelaksanaan even-even yang bersifat internasional juga terus didorong. Dalam waktu dekat, BEM UNAIR rencananya bakal menggelar konferensi internasional kepemudaan yang melibatkan beberapa mahasiswa dari negara-negara ASEAN University Network (AUN).

Langkah tersebut, bagi Hadi, masih kurang. Dia juga memaparkan berbagai gebrakan yang terus dilakukan. Salah satunya, mendorong mereka mengkuti program pertukaran pelajar, mengikuti konferensi, dan kompetisi ke luar negeri.

”Kegiatan-kegiatan mahasiswa yang memiliki nilai internasional itu terus kami dukung,” tegasnya.

Meski demikian, potensi itu bukan berarti tanpa masalah. Menurut Hadi, berbagai potensi yang dimiliki mahasiswa kerap bertabrakan dengan kegiatan kurikuler di kampus. Atlet olahraga, misalnya, Jika harus berlatih dan meninggalkan jam kuliah juga menjadi masalah tersendiri.

”Banyak mahasiswa UNAIR yang menjadi atlet peraih medali emas di berbagai ajang lomba. Tapi, di sisi lain, akademiknya kurang baik. Ini yang kami dorong agar keduanya bisa imbang dan berjalan dengan baik,” jelasnya.

Pada akhir, Hadi berpesan kepada seluruh mahasiswa UNAIR agar benar-benar memanfaatkan potensi yang dimiliki. Sebab, dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki, bukan tidak mungkin, langkah UNAIR menjadi kampus 500 dunia bakal terwujud melalui kiprah mahasiswa.

”Jangan menjadi harimau yang sedang tidur. Mari kita bangkit untuk mengejar mimpi sebaik-baiknya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Feri Fenoria

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone