Aksi cek kesehatan gratis mahasiswa Keperawatan UNAIR
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Mahasiswa Keperawatan Unair tampak semangat melakukan Aksi Long March di CFD (Car Free Day) Taman Bungkul pada Minggu (12/11). Kain putih yang diikatkan di kepala mahasiswa dan yel-yel yang dinyanyikan sepanjang jalan menambah semangat mereka. Maskot UNAIR pun turut mengiringi kegiatan Long March di Acara HAM (Hentakan Aksi Mahasiswa) 2017, dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional dan World Diabetes Day.

Tema yang diangkat mahasiswa keperawatan kali ini adalah “Indonesia Bebas Diabetes”. Para mahasiswa memberi cek kesehatan gratis pada masyarakat yang lokasinya di dekat area skateboard. Bekerja sama dengan Rumah Zakat, cek kesehatan tersebut meliputi cek tensi atau tekanan darah dan tes gula darah tanpa dipungut biaya. Mekanisme cek kesehatan mengggunakan kupon yang dibagikan oleh mahasiswa keperawatan kepada masyarakat. Respon masyarakat sangat tinggi dan antusias untuk mengikuti  cek kesehatan ini. Kegiatan dilanjutkan dengan prosesi tanda-tangan petisi pada banner yang disediakan untuk “Melangkah Bersama Cegah Bebas Diabetes”.

Ada sekitar 75 warga yang tercatat pada cek kesehatan kali ini. Dimulai dari yang muda, hingga yang tua. Mereka terlihat antusias sehingga stand tampak ramai. Mereka yang memadati stand tersebut adalah orang-orang yang habis olahraga atau hanya sekedar berjalan-jalan di Taman Bungkul. Mereka bertanya banyak seputar diabetes.

Mahasiswa fakultas keperawatan pun memberikan feedback kepada mereka yang telah antusias bertanya, dengan memberikan edukasi seputar diabetes. Harapannya, masyarakat bisa mengetahui tanda dan gejala dari diabetes serta tindakan pencegahannya. Sedangkan untuk masyarakat yang telah sadar akan diabetes, mereka bisa melakukan cek gula darah secara rutin dan menghindari hal-hal penyebab diabetes. Berikut dokumentasinya. (*)

Penulis: Qurrata A’yuni Rasyidah, Mahasiswi Fakultas Keperawatan UNAIR

Editor: Rio F. Rachman​

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Alumnus S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga. Penulis buku kumpulan esai "Menyikapi Perang Informasi", kumpulan puisi "Balada Pencatat Kitab", dan kumpulan cerita pendek "Merantau". Editor foto dan berita di www.news.unair.ac.id. Bergiat di www.suroboyo.id.