Urgensi Teknologi Informasi untuk Bidang Kesehatan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Informasi Kesehatan
Wakil Rektor IV UNAIR Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., saat memberikan sambutan. (Foto: Helmy Rafsanjani)

UNAIR NEWS – Perkembangan teknologi informasi membawa masyarakat pada era keterbukaan. Segala informasi dapat begitu mudah diakses tanpa batas. Termasuk informasi mengenai dunia kesehatan. Hal itulah yang dibahas oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR bersama Forum Informatika Kesehatan Indonesia (FIKI).

Mengusung tema optimizing of HIS (Health Information System) and ICT (Integrated Communication dan Tecnology) in discusion making to support SDGS, acara tersebut dilangsungkan di Hotel Mercure Surabaya pada Rabu (08/11).

Pada forum yang rutin dilakukan itu, menghadirkan berbagai  praktisi, profesor, perwakilan WHO, dan perwakilan beberapa perguruan tinggi. drg. Oscar Primadi, MPH., yang hadir sebagai perwakilan dari Kementerian Kesehatan mengatakan, kondisi geografis yang tidak sama di Indonesia memberi tantangan untuk membangun dari pinggir ke tengah.

“Ini adalah upaya agar kita berusaha membangun melalui jaringan agar dapat membuka konektivitas,” ucapnya.

Dalam memeratakan pembangunan kesehatan di Indonesia, menurut Oscar, pemerintah selalu melakukannya melalui konektivitas pelayanan. Di antaranya melalui puskesmas yang berperan penting untuk membuka akses bagi masyarakat. Selain itu, ia juga mencontohkan dengan adanya program nusantara sehat yang menempatkan tenaga kesehatan di daerah yang susah di jangkau.

“Sumber daya manusia bidang kesehatan itu dikuatkan melalui program Nusantara Sehat. Tujuan dari program ini untuk menjangkau daerah terpinggir Indonesia dalam pemerataan kesehatan,” paparnya.

Menambahkan pernyataan Oscar, Wakil Rektor IV UNAIR Junaidi Khotib, S.Si., M.Kes., Ph.D., yang turut hadir dalam acara tersebut mengatakan, kemajuan pelayanan kesehatan memang selayaknya diimbangi oleh kemajuan teknologi.

Junaidi dalam sambutannya juga mengatakan, adanya suatu forum yang melibatkan berbagai pihak terkait dengan pemerhati di bidang kesehatan, dapat dijadikan untuk mitra bagi pemerintah dalam mengintegrasikan dan diakses dengan muda. Menurutnya, data yang berkualitas dihasilkan dari sistem informasi handal yang dapat memberi dukungan informasi dalam penentuan kebijakan di semua daerah. Sistem informasi, menurutnya kini telah menjadi alat manajemen yang efektif.

“Forum semacam ini dapat membantu merumuskan perkembangan kesehatan untuk Indonesia yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Penulis : Helmy Rafsanjani

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu