Obrituari
Prof. Dr. Harjanto, JM, dr, AIFM semasa hidup. (Foto: Istimewa)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Berita duka datang dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Guru Besar Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof. Dr. Harjanto, JM, dr, AIFM tutup usia.

Prof. Harjanto wafat pada hari Selasa (7/11) pukul 14.25 WIB di Graha Amerta RSUD Dr. Soetomo. Dari rumah duka di Perum Deltasari Indah Blok AA-8 Waru Sidoarjo, jenazah Prof. Harjanto langsung dimakamkan di Pemakaman Deltasari, Sidoarjo, Rabu (8/11) pukul 09.00 WIB.

Tak hanya keluarga, kesedihan juga dirasakan oleh teman sejawat sesama pakar di Bidang Ilmu Faal, Choesnan Effendi, dr. AIFM. Choesnan mengungkapkan FK UNAIR telah kehilangan salah satu guru besar Ilmu Faal terbaik.

Semasa hidup, Prof. Harjanto pernah dipercaya menjabat sebagai Kepala Badan Pertimbangan Fakultas (BPF) FK UNAIR, serta cukup aktif sebagai anggota Ikatan Ahli Faal Indonesia. Selain dikenal sebagai pakar ilmu faal secara umum, Prof. Harjanto juga pakar di bidang Ilmu Faal Olah Raga.

Bagi sebagian besar mahasiswa program pendidikan S2 dan S3, Prof. Harjanto dikenal sebagai salah satu promotor favorit.” Karena beliau terkenal tekun dan sabar, tak heran banyak mahasiswa program pendidikan S2 dan S3 yang antre meminta beliau jadi promotor. Sampai kualahan,” kenang Choesnan.

Di bidang penelitian, Prof Harjanto dikenal cukup concern mendalami penelitian seputar radikal bebas dan antioksidan. Dari sejumlah penelitiannya, disimpulkan bahwa penyebab kerusakan atau penyakit saat ini didasari atas kerusakan akibat radikal bebas yang terlampau tinggi, tanpa diimbangi dengan adanya antioksidan.

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone