Exmo Club adalah wadah pertemuan rutin di UKMKI guna mengasah aspek mental spiritual mahasiswa
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Exmo Club (Exmo adalah akronim dari Excellence with Morality) adalah wadah pembinaan mental spiritual yang digagas oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Kerohanian Islam (UKMKI) UNAIR. Di dalamnya, dilakukan aktitas berupa pertemuan secara rutin dengan difasilitasi seorang mentor.

Program Exmo Club ini dapat memberikan kesan mendalam. Artinya, kegiatan tersebut dapat membuat peserta kegiatan lebih konsisten dalam menjalankan ibadah. Hal-hal yang disampaikan secara rutin, bisa merasuk ke dalam sanubari, dan ilmu yang diperoleh bisa dengan tulus diimplementasikan.

Pertemuan Exmo Club diadakan untuk menjaga kondisi ruhiyah tiap anggota dengan saling mengingatkan untuk giat beribadah. Selain mempelajari hal-hal terkait keislaman, anggota kelompok pun dapat sharing tentang kesehariannya baik kehidupan akademik di kampus maupun permasalahan pribadi. Dengan lingkungan yang sangat peduli itu, timbul kesan mendalam dan memererat persaudaraan.

“Exmo Club membuat para anggota menjadi lebih dekat dan bisa saling tolong-menolong,” ungkap Affan Muhammad Andalan, ketua UKMKI UNAIR.

Harapannya, UKMKI dapat menjadi lembaga dakwah kampus yang semakin istiqamah menyebarkan nilai-nilai Islam dan melayani seluruh elemen di kampus dengan mengedepankan ukhuwah (persaudaraan). Juga, profesional dalam berkegiatan dengan tetap mengutamakan esensi keislaman di tiap-tiap programnya. Dengan itu, kerja-kerja “mencerdaskan yang saleh dan mensalehkan yang cerdas” akan semakin progresif.

Yang tak kalah menarik, UKMKI juga kerap mengikuti sejumlah program di luar kampus. Maksudnya, UKM ini berpartisipasi dalam event di level lokal, regional, bahkan nasional.

Misalnya, berpartisipasi dalam Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Surabaya Raya dan di tingkat nasional, turut serta menghadiri Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Nasional ke-XVIII di Pekanbaru, pada bulan Mei lalu. Selain itu, UKMKI UNAIR kini menjadi salah satu Lembaga Dakwah Kampus yang masuk dalam kategori mandiri sehingga memiliki beberapa Lembaga Dakwah Kampus dampingan yang secara bergantian kami kunjungi untuk memantau dan membantu pengembangan organisasi di kampus tersebut (wilayah Surabaya Raya).

Di lini keilmuan, UKMKI UNAIR juga menjadi mitra Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia – Klaster Mahasiswa (MITI-KM) yang rutin mengadakan pertemuan-pertemuan dan seminar. “Yang baru saja kami ikuti bulan lalu bertempat di Universitas Trunojoyo Madura,” tambah Affan.

UKMKI UNAIR juga rutin diundang dalam kegiatan Mudzakarah Da’i. Yakni, pertemuan para da’i dari berbagai organisasi Islam yang membahas isu-isu strategis keumatan. Diadakan oleh Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Timur. (*)

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Alumnus S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga. Penulis buku kumpulan esai "Menyikapi Perang Informasi", kumpulan puisi "Balada Pencatat Kitab", dan kumpulan cerita pendek "Merantau". Editor foto dan berita di www.news.unair.ac.id. Bergiat di www.suroboyo.id.