Hunting Foto Sambut Anggota Baru APS UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Peserta diklat tengah melakukan sesi hunting foto di kebun bunga, Sabtu (28/10) (Foto: Dok. Panitia)

UNAIR NEWS – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Fotografi Universitas Airlangga atau yang lebih akrab disapa Airlangga Photography Society (APS) gelar diklat anggota baru 2017. Kali ini APS mengadakan diklat tersebut di Omah Budaya Slamet, Bumiaji, Kota Batu, pada 27-29 Oktober 2017.

Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, agenda diklat tahun ini tak jauh berbeda. Hanya, suasana yang lain terlihat saat kegiatan hunting foto.

Sabtu pagi (28/10) 33 peserta yang dibagi menjadi tujuh kelompok berkeliling dari satu pos ke pos lain. Total ada lima pos. Pos tersebut tersebar mengelilingi ladang buah dan bunga serta perkampungan penduduk. Peserta wajib meng-hunting foto di area itu.

Hunting ini memiliki tujuan untuk mengeksplor kreativitas peserta diklat. Jadi, peserta harus cerdas dan peka dalam menangkap momen yang ada,” ujar Ketua APS 2017 Zumrotul Fatma Rahmayanti.

Seusai hunting, peserta wajib mengumpulkan hasilnya. Kurator bakal menyeleksi sepuluh foto terbaik. “Total ada 1.500 foto yang terkumpul. Kami ambil sepuluh foto terbaik untuk ditayangkan dalam sesi diskusi foto,” ungkap Arvin Ranu selaku kurator foto sekaligus ketua APS 2009-2011.

Foto tersebut memiliki kategori yang beragam. Mulai makro, landscape, hingga human interest. Salah satu yang terbaik adalah foto human interest. Di dalamnya, tampak potret dua ibu pengupas nangka.

Foto itu memiliki tone warna, komposisi, dan ketajaman yang pas. “Sisi humanis dan emosional pun sangat terasa kala melihat foto ini,” lanjut Arvin. Menurut dia, kepekaan dalam melihat momentum menjadi nilai plus bagi seorang fotografer.

Keunikan menjadi hal yang disorot para kurator foto. Sebab, rata-rata foto peserta diklat memiliki kemiripan antara satu dan yang lain. Baik segi angle, objek, maupun komposisi. “Misalnya, rata-rata mereka mengambil foto bunga dan pemandangan. Jangan sampai stuck. Coba eksplor yang lain. Potret sesuatu yang berbeda,” jelas Yanuar Satria Putra, senior APS 2006.

Bukan hanya hunting dan diskusi foto, masih banyak agenda lain untuk peserta diklat. Misalnya, pembahasan pameran, sharing session bersama senior dan alumni, hingga inisiasi sebagai penanda diterimanya anggota baru APS 2017 secara resmi. (*)

Penulis: Nena Zakiah (Mahasiswi ilmu komunikasi angkatan 2014)

Editor: Feri Fenoria

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu