14 Tahun Prodi Ilmu Informasi dan Perpustakan Gelar Kompetisi Esai dan Talkshow Kepenulisan

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
IIP Dies
Salah satu pemenang kompetisi esai Dies Natalis IIP UNAIR. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – “Peringatan Dies Natalis Himpunan Mahasiswa Ilmu Informasi dan Perpustakaan tahun ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya”. Begitulah penuturan dari Muhammad Aziz Nurfata, selaku Ketua HIMA Ilmu Informasi dan Perpustakaan UNAIR saat diwawancarai.

Sebagai prodi paling bungsu di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNAIR, Prodi IIP yang kini berusia 14 tahun itu bakal menyemarakkan hari jadinya dengan mengadakan kegiatan kompetisi penulisan essay tingkat SMA dengan tema “Pelajar Indonesia Cerdas Kritis Melalui Perkembangan Informasi Menyongsong Target Suistanable Development Goals 2013” serta talkshow kepenulisan dengan tema “Bright Future by Writing”.

Lomba penulisan esai yang dilakukan secara online sejak dua minggu yang lalu ini, mendatangkan 10 finalis yang telah lolos seleksi penjurian berkas esai untuk melakukan presentasi di depan juri.

Sebagai pembukaan kegiatan Semi finalis Forsta Airlangga Essay Competition, Helmy Prasetyo Yuwinanto S.Sos., M.KP selaku dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan sekaligus mewakili Ketua Departemen IIP mengatakan bahwa pihaknya bangga kepada HIMA IIP yang mampu memberikan sumbangsih kepada masyarakat dengan mengadakan acara tersebut

“Tujuan acara seperti ini agar siswa-siswa SMA lebih produktif lagi untuk membaca dan menulis. Dan pastinya dapat meningkatkan budaya literasi yang kini mulai tergerus zaman,” ucapnya.

Setelah acara dibuka dengan ketukan palu, maka pertanda bahwa persatu finalis lomba esai, harus mempresentasikan hasil karyanya di depan para juri, yakni Meinia Prayesti S.IIP., MA, Iswanda Fauzan Satibi, S.Hum, M.Com, serta Ragil Tri Atmi S.IIP., MA. Para juri sekaligus dosen IIP ini memberikan nilai serta masukan kepada finalis yang telah mempresentasikan karyanya.

Saat diwawancarai, Azwar Irhami mahasiswa IIP 2015 selaku ketua acara mengatakan bahwa ajang semacam itu memanglah pertama kali diselenggarakan oleh himpunan mahasiswa IIP. Sebelumnya, HIMA hanya menyelenggarakan pentas seni yang bertempat di galleri FISIP UNAIR.

“Berkaca dari kegiatan sebelumnya, maka pihak HIMA ingin lebih berkonstribusi serta memberikan sumbangsih kepada masyarakat, hingga terciptalah konsep kompetisi essay serta talkshow kepenulisan yang akan berlangsung tanggal 4 November besok”, tandas ketua Panitia.

Dari 10 finalis lomba esai tersebut, akan dipilih Juara I, II, II, dan Juara Harapan I. dipenghujung acaranya, pihak panitia mengumumkan pemenangnya, yakni Juara I dari SMAN 1 Sukodadi Lamongan, Juara II dari SMAN 1 Sukodadi Lamongan, Juara III dari SMAN 2 Lamongan, dan Juara Harapan I dari SMAN 1 Banyuwangi.

Acara talkshow kepenulisan yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 November 2017 di gedung Kahuripan, Rektorat Kampus C akan mengundang Narasumber Pidi Baiq Penulis Novel Dilan sebagai narasumber utama. Di samping itu, pihaknya juga mengundang salah satu redaktur Tempo, serta Best Blogger UNAIR.

“Pastinya acara talkshow besok bakal seru dan rame. Apalagi ini udah masuk presale ketiga. Jadi yang ngga ikut, pasti bakalan nyesel”, tutur Azwar.

Penulis : Ainul Fitriyah

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu