BLS Citizen Community FK UNAIR Dianugerahi PERSI Award 2017

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
BLS Citizen
Soni Sunarso Sulistiawan, dr.,Sp.An., salah satu penggagas BLS Citizen Community RSUD Dr. Soetomo- FK UNAIR saat menerima langsung Piagam Penghargaan Indonesia Hospital Management Award PERSI AWARDS-IHMA 2017 di Jakarta Convention Center. (Foto: Istimewa)

UNAIR NEWS – BLS Citizen Community yang digagas oleh Departemen Anestesiologi dan Reanimasi RSUD Dr. Soetomo- FK UNAIR kembali mendapat apresiasi. Setelah berhasil memecahkan rekor dari Lembaga Prestasi Indonesia dan Dunia (LEPRID) tahun 2016 lalu, BLS Citizen Community kembali dianugerahi sebuah award, kali ini PERSI AWARDS-IHMA 2017.

Soni Sunarso Sulistiawan, dr.,Sp.An., salah satu penggagas BLS Citizen Community RSUD Dr. Soetomo- FK UNAIR menerima langsung Piagam Penghargaan Indonesia Hospital Management Award PERSI AWARDS-IHMA 2017 di Jakarta Convention Center (21/10). Penganugerahan ini merupakan rangkaian acara lomba Inovasi Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Award 2017.

BLS Citizen Community merupakan ejawantah dari program Basic Life Support (BLS) atau Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang telah dikembangkan oleh Departemen Anestesiologi dan Reanimasi RSUD Dr. Soetomo- FK UNAIR. Fokus penanganannya adalah kejajdian henti jantung yang banyak terjadi di tengah masyarakat.

Henti jantung menjadi penyebab kematian di banyak negara. Angka kejadian di Indonesia diperkirakan sekitar 10 ribu orang per tahun, atau 30 orang per hari. Tingginya kasus ini mendorong tim dokter Departemen Anestesiologi dan Reanimasi RSUD Dr. Soetomo- FK UNAIR berinovasi mencanangakan BLS Citizen Community.

Kehadiran komunitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat awam di bidang Basic Life Support. Metode yang diterapkan  adalah In-house training  yang ditunjang dengan metode ceramah, demonstrasi dan praktik yang diadakan oleh RSUD Dr. Soetomo-FK UNAIR.

“Masyarakat awam dibekali teknik memijat jantung oleh tim dokter, selain itu berbagai macam sistem penunjang seperti aplikasi android, website, metode pelatihan massal dan buku pedoman juag telah disiapkan untuk pembentukkan komunitas tersebut,” ungkapnya.

Soni berharap, komunitas ini dapat membekali masyarakat awam, sehingga mampu mempraktikkan  penanganan code blue  sesuai dengan prosedur yang tepat dan cepat.

Soni menegaskan, pertolongan sedini mungkin sangat memengaruhi keselamatan pasien henti jantung.

“Jika segera mendapat pertolongan dari orang terdekatnya, maka kemungkinan bertahan hidup bisa sampai 31,7 persen. Dengan asumsi pada saat ditolong bisa menemukan irama VF dan pasien segera dilarikan ke rumah sakit  untuk mendapat penanganan lebih lanjut,” jelasnya.

Pelatihan massal yang pernah terselenggara antara lain kegiatan pelatihan massal dengan  melibatkan para instruktur dan santri seperti di Pondok Pesantren Gontor Putra 3 dan Putri 5 Kediri pada tahun 2016 lalu.

FK UNAIR menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) yang diikuti oleh sekitar 1.656 santriwan dan santriwati. Kegiatan tersebut melibatkan 400 instruktur yang terdiri dari 21 dokter spesialis anestesi, 69 dokter umum, 175 mahasiswa FK UNAIR, dan 135 tenaga medis lainnya.

Kegiatan ini  memecahkan dua rekor. Pertama, pemecahan rekor pada pelatihan massal BHD dengan jumlah peserta terbanyak. Kedua, di pondok putri, rekor yang dipecahkan adalah pelatihan massal BHD dengan instruktur dan peserta seluruhnya perempuan terbanyak yakni 600 orang. Ketiga, di kedua tempat, pijat jantung massal tanpa berhenti selama 15 menit dengan total 198.000 kali pijatan. Sedangkan, dalam pelatihan, mereka menggunakan manekin sebagai alat bantu peraga.

Mengingat kejadian henti jantung di luar rumah sakit cukup tinggi, maka diharapkan kehadiran komunitas Basic Life Support ini dapat membekali masyarakat ketika menghadapi situasi emergency (gawat darurat). Karena yang namanya gawat daruta  bisa di alami siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Penulis : Sefya Hayu

Editor : Nuri Hermawan

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu