Salah satu kegiatan yang diadakan UKK Hindu adalah bakti sosial dan pengobatan gratis
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Peran UKM kerohanian di UNAIR bersifat penting. Yakni, untuk mengasah kepekaan religi (vertikal) maupun sosial (horisontal) mahasiswa. Hal itu disampaikan oleh I Putu Gede Andi Semara Putra, ketua UKM Kerohanian Hindu saat diwawancara Senin (23/10).

Secara khusus, UKM Kerohanian Hindu berada pada posisi strategis dalam pemantapan karakter mahasiswa beragama Hindu. Mereka mendapat pengetahuan tentang religiositas. Yang bisa pula diwujudkan dalam bentuk persembahyangan bersama rutin. Bisa berupa datang ke pura bersama. Sedangkan secara horizontal, peran UKM ini adalah mengembangkan toleransi dan kepedulian pada sesama agama Hindu maupun sesama masyarakat Indonesia.

“Kami punya banyak program yang diadakan secara berkelanjutan,” kata mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Antara lain, “Edufair dan Supermen Bali”, kegiatan UKM ini bersama teman-teman non Hindu dari Bali. Para putra daerah ini terjun untuk sosialisasi mengenai UNAIR di tiap libur semester ganjil dengan mengunjungi tiap SMA yang ada di pulau dewata. Di sisi lain, mereka juga berpartisipasi dalam Edufair. Yaitu, pameran pendidikan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Ada pula, “Bakti Sosial” rutin, berupa pemberian bantuan oleh UKM Hindu UNAIR kepada masyarakat Hindu yang membutuhkan. Tak selalu di Surabaya, karena bisa jadi di luar kota. Bakti sosial bisa berupa pengobatan gratis dan pemberian bantuan dana untuk pengembangan pura.

Selain itu, terdapat pula “Tirta Yatra”, program untuk mengelilingi beberapa pura di daerah-daerah, sekaligus memberikan dana pengembangan pura. Terdapat juga, “Upgrading” yang merupakan selingan dalam acara ini. Umumnya, dilaksanakan di villa dengan tujuan untuk mendekatkan dan merekatkan hubungan sesama anggota UKM.

“Kami juga punya program Mahabarata,” ungkap dia. Acara ini merupakan penyambutan dan pengangkatan mahasiswa baru menjadi anggota UKM. Ada pula, “Nirwana”, lomba bidang seni, olahraga maupun kajian agama dari skala regional hingga nasional.

Dengan tujuan, memererat hubungan antara universitas dalam wujud lomba dan mengasah serta memberikan wadah minat bakat dalam bidang-bidang tadi. Juga, menumbuhkan toleransi. Sebab, beberapa cabang perlombaan tak hanya terbuka untuk mereka yang beragama hindu. UKM ini punya pula program “Suksesi” atau prosesi pergantian kepengurusan.  merupakan acara pergantian kepengurusan. (*)

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Alumnus S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga. Penulis buku kumpulan esai "Menyikapi Perang Informasi", kumpulan puisi "Balada Pencatat Kitab", dan kumpulan cerita pendek "Merantau". Editor foto dan berita di www.news.unair.ac.id. Bergiat di www.suroboyo.id.