Para anggota UKK Katholik berbaur dengan masyarakat
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Ada banyak peran UKM Kerohanian Katholik bagi para anggotanya. Selain untuk menguatkan hubungan pada Tuhan dan alam semesta, terdapat banyak aspek yang juga diasah. Anggota UKM Katholik juga digembleng untuk berkontribusi kongkret pada masyarakat, berpikir kreatif dan juga berinisiatif positif.

UKM ini memberi ruang pada anggota untuk melakukan olahraga bersama, juga mengokohkan pengetahuan di bidang ekonomi maupun politik. Ada sejumlah aktifitas kewirausahaan, diskusi soal politik, serta partisipasi dalam perlombaan atau pertandingan yang diadakan kampus UNAIR maupun penyelenggara lain.

“Kami ingin kuat iman, sekaligus hebat di lapangan,” ujar Ketua UKM Katholik Cristoforus Candra Bima Pangestu seraya terkekeh.

Tahun ini, UKM Katholik memiliki sejumlah proram. Misalnya, Welcome Party (Penyambutan Maba 2017), Paskah, Upgrading, merayakan ulang tahun ke 25, untuk perayaan tersebut mengadakan program seperti seminar bertema “Kerukunan antar Umat beragama”, Goalz, dan Ziarah. Ada juga agenda seperti latihan rutin Olahraga, paduan suara dan Ibadah setiap bulan.

Dilaksanakan pula ACA Algonz Charity and Anniversary Algonz Charity pada tahun ini. Yakni, kegiatan sosial dengan tema laskar pemimpi. Sasaran dalam acara ini adalah anak-anak SD kelas 1-6 di kampung nelayan kKenjeran.

Sasaran tersebut diambil karena anak-anak di wilayah tersebut masih kurang kesadaran terkait pembangunan diri dengan memiliki cita cita. Kegiatan ini akan dilakukan dengan 4 pertemuan di SD Bahari Muhammadiah 6 Kenjeran pada tanggal 28 Oktober, 5 November, 12 November, 18 November 2017.

Mereka yang akan didatangi tidak hanya beragama Katholik. Siapapun boleh ikut serta dalam acara ini. Hal ini menunjukan bahwa perbedaan bukanlah halangan bagi kita untuk saling berbagi dengan sesama di tengah krisis toleransi yang sedang dialami di Indonesia. Seminar dalam HUT 25 tahun UKM Katholik dan ACA adalah program terbaru dan belum pernah dibuat sebelumnya.

“Pelajaran dalam UKM kami komprehensif. Semoga, tempat ini bisa jadi tempat calon pemimpin bangsa menjalani prosesnya,” ungkap mahasiswa Ilmu dan Teknologi Lingkungan angkatan 2014. (*)

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Alumnus S2 Media dan Komunikasi Universitas Airlangga. Penulis buku kumpulan esai "Menyikapi Perang Informasi", kumpulan puisi "Balada Pencatat Kitab", dan kumpulan cerita pendek "Merantau". Editor foto dan berita di www.news.unair.ac.id. Bergiat di www.suroboyo.id.