Alumni SMA Al – Hikmah Surabaya Langganan Masuk UNAIR

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Audiensi SMA Al - Hikmah Surabaya bersama Ketua PPMB UNAIR, Dr. Achmad Solihin, SE., M.Si (berbaju biru) di Kantor PPMB (Photo by Anindya Anandita)

UNAIR NEWS – Tujuh perwakilan guru dan kepala sekolah SMA Al – Hikmah Surabaya  melakukan audiensi ke Universitas Airlangga. Audiensi ini diterima langsung oleh Dr. Achmad Solihin, SE., M.Si selaku Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru dan dua staf Pusat Informasi dan Humas.

Audiensi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru dan mengetahui perkembangan hasil studi alumni SMA Al-Hikmah Surabaya yang saat ini menjadi mahasiwa di Universitas Airlanggga.

“Saat ini siswa yang berada di kelas 12 ada sekitar 360 orang dan kebanyakan dari mereka memilih UNAIR,” Ujar Ahmad Fais  selaku kepala SMA Al – Hikmah

Ketua PPMB mengapresiasi SMA Al-Hikmah yang masuk  jajaran 20 besar jumlah mahasiswa terbanyak yang diterima di Universitas Airlangga. Mahasiwa aktif yang berasal dari SMA Al-Hikmah sebanyak 260 orang yang tersebar di berbagai fakultas dan program studi.

Ahmad Fais menjelaskan bahwa rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif dari mahasiwa asal SMA Al-Hikmah rata-rata cukup baik, yakni di angka 3. Sejauh ini pihak sekolah tetap memberikan dukungan dan motivasi kepada siswa agar bisa belajar di Universitas Airlangga untuk menambah jumlah mahasiswa SMA Al- Hikmah di UNAIR. Hal itu juga akan berpengaruh terhadap penilaian indeks sekolah pada jalur SNMPTN.

Dalam audiensi tersebut pihak SMA – Al Hikmah juga  menyampaikan keraguan siswa dalam menentukan pilihan Program Studi.

“Para siswa ini bertanya- tanya apakah Jurusan IPA bisa daftar ke Jurusan IPS, begitu pula sebaliknya,” tandas Ahmad Faiz

Menanggapi hal tersebut, Solihin menjelaskan bahwa untuk Jalur SNMPTN memang lebih sulit, karena dalam penilaian SNMPTN juga mempertimbangkan nilai mata pelajaran yang linier dengan program studi pilihan, Untuk IPA misalnya, terdapat enam mata pelajaran yang menjadi penilaian, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika, dan Biologi. Sedangkan untuk IPS, enam mata pelajaran yang menjadi penilaian adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi.

Penulis Anandya Anandita

Editor : Faridah Hari

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu