VINCA Rosa Putri Andila, wisudawan terbaik Fak Farmasi Unair. (Foto: Ist)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Begadang pun harus dijalani demi selesainya skripsi. Begitulah yang dilakukan Vinca Rosa Putri Andila. Usaha yang tidak mudah itu terbayar sudah dengan raihan menjadi wisudawan terbaik S1 Fakultas Farmasi. Ia meraih IPK 3,80.

Mengangkat skripsi dengan judul  Analisis Penggunaan Antibiotika pada Pasien Rawat Inap di KSM Ilmu Penyakit Dalam Menggunakan Defined Daily Dose, perempuan yang akrab disapa Vinca ini mencoba mengkaji pola dan menghitung kuantitas penggunaan antibiotika menggunakan Defined Daily Dose. Selain itu, ia juga menganalisis tren penggunaan antibiotika pada pasien rawat inap KSM Ilmu Penyakit Dalam di Rumah Sakit Pendidikan UNAIR.

“Isi dari skripsi saya ini lebih mengarah pada pengkajian pola penggunaan antibiotikanya,” tegasnya, seraya menambahkan semasa mengerjakan skripsi banyak hambatan dan tantangan yang ia lalui. Hal itulah yang membuatnya tak segan untuk mengerjakan revisi hingga larut malam.

“Bahkan saya pernah begadang ketika mengerjakan revisian penelitian itu,” kenangnya.

Selanjutnya, Vinca juga berkisah bahwa selama kuliah, ia juga aktif diberbagai kegiatan kampus, diantaranya  OLFAR (Olimpiade Farmasi Nasional), CAKRAWALA, SE (Study Excursion), CROWN (Creativity On Wonderful Night). Selain aktif dibeberapa kepanitiaan, Vinca  juga lihai dalam berkompetisi. Tercatat, selama ia studi ia dan tim pernah menjuarai Pekan Ilmiah Mahasiswa UNAIR.

“Bersama dengan tim, saya berhasil meraih Juara I Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang penelitian pada PIM UNAIR tahun 2013,” terangnya.

Dari pencapaiannya selama ini, Vinca sangat beryukur, tak lupa dia juga berbagi pengalaman untuk menjadi mahasiswa terbaik. Baginya, tidak menunda pekerjaan adalah satu hal mutlak agar bisa menjadi mahasiswa yang berprestasi.

“Dalam menyelesaikan suatu hal jangan menunda pekerjaan, banyak bimbingan, berdiskusi dan banyak membaca literatur serta diiringi dengan doa,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk rencana pascakampus Vinca memiliki impian untuk menjadi apoteker sukses dimasa mendatang. Vinca yang telah menyelesaikan studi S1 di FF UNAIR bakal melanjutkan profesi di fakultas dan kampus yang sama untuk mewujudkan keinginan terbesarnya itu. (*)

Penulis: Akhmad Janni

Editor: Nuri Hermawan, Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).