POMNAS Ke-15 Dibuka, Defile Tim Jatim Dapat Sambutan Meriah

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
pomnas
Kontingen POMNAS Jawa Timur memberikan penghormatan di depan tribun kehormatan dalam devile pembukaan POMNAS Ke-15 di GOR Unhas, Sabtu (1/10). (Foto: Bambang Bes)

UNAIR NEWS – Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti, Prof. Intan Ahmad, Ph.D., membuka resmi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) Ke-15 tahun 2017, di GOR Universitas Hasanuddin (Unhas) di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/10). Dalam pesta olahraga dua tahunan antar-mahasiswa se-Indonesia ini, POMNAS 2017 ini diikuti 2.727 orang atlet dari 14 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dan dua cabor eksibisi. Mereka berasal dari 34 provinsi di Indonesia.

Hadir di tribun utama dalam pembukaan ini, selain Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, juga perwakilan KONI Pusat, Perwakilan BAPOMI (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia) Pusat. Selain itu juga Direktur Kemahasiswaan Universitas Airlangga, Dr. M. Hadi Shubhan, SH., MH., CN., selaku Ketua Harian BAPOMI Jawa Timur.

Hadi Shubhan hadir mewakili Ketua Umum BAPOMI Jatim Prof. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD., KGH., FINASIM yang tidak bisa hadir karena acara yang tidak bisa ditinggalkan. Ketua Harian BAPOMI Jatim juga didampingi Ketua Kontingen POMNAS Jatim Dr. Edy Mintarto, M.Kes., serta Pengarah kontingen Jatim Prof. Dr. Hari Setiyono, M.Pd., dan Drs. Hany Natawidjana.

Dalam defile atlet kemarin, kontingen POMNAS Jatim memperoleh sambutan meriah, selain kontingen tuan rumah. Bukan karena besarnya pasukan, tetapi merupakan satu-satunya tim yang dalam defile masing-masing atlet membawa bendera Merah Putih dalam ukuran kecil dan dilambai-lambaikan didepan tribun kehormatan.

”Salam dan sukses untuk Jawa Timur,” teriak Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, dari tribun kehormatan ketika berdiri mendampingi Prof. Intan Ahmad, dan Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., dan pejabat lainnya.

Dalam sambutan sebelum membuka POMNAS XV-2017, Prof. Intan Ahmad mengatakan, dalam perhelatan POMNAS setiap pelaksanaan selalu meningkat kualitasnya. Ini pertanda baik, terbukti pada SEA Games di Singapura lalu, yang mengharumkan nama bangsa Indonesia banyak diantaranya para mahasiswa dan meraih prestasi tertinggi. Seperti diketahui, catatan unair.news, mahasiswi UNAIR Diananda Chairunnisa meraih dua medali emas di cabang panahan.

pomnas
SUASANA upacara pembukaan POMNAS ke-15/2017 yang dibuka oleh Dirjen Belmawa Prof. Intan Ahmad, di GOR Unhas, Sabtu (14/10). (Foto: Bambang Bes)

”Seperti di negara maju, atlet yang berprestasi itu dihasilkan dari perguruan tinggi yang dalam pembinaannya juga menekankan pada basis iptek,” kata Prof. Intan Ahmad.

Namun diingatkan bahwa dalam kompetisi berolahraga seperti POMNAS ini, forum ini bukan hanya untuk beradu prestasi olahraga, tetapi juga sebagai wahana pembinaan karakter. Misalnya meningkatkan semangat juang, jiwa kompetitif yang tidak boleh menyerah sebelum bertanding, dan meraih kemenangan secara feer.

”Satu hal yang penting dalam forum seperti POMNAS ini adalah mempererat persaudaraan untuk membangun kohesi sosial, solidaritas dan soliditas sesama pemuda untuk kemajuan bangsa dan keutuhan NKRI. Artinya betapa pentingnya kita meletakkan kesadaran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tandas Prof. Intan Ahmad.

Sementara Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengatakan, semua tamu atlet yang datang ke Kota Makassar ini dianggapnya sebagai pemuda yang pulang kampung ke rumahnya. Artinya, Gubernur menyilahkan para atlet senantiasa menikmati apapun keadaan dan kenyamanan yang ada di Makassar bagai di rumah sendiri.

”Selamat pulkam, selamat bertanding dengan senantiasa menjaga sportivitas. Ini yang terpenting, karena menurut pepatah Bugis bahwa ‘kemenangan apapun kalau diraih dengan kecurangan, maka dianggap tidak ada,” demikian Gubernur Sulsel.

Ia bangga selama tahun 2017 ini sudah tiga even besar skala nasional yang diselenggarakan di provinsinya, yaitu peringatan Hari Teknologi Nasional (Harteknas), Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), dan sekarang POMNAS. (*)

Penulis: Bambang Bes

Berita Terkait

UNAIR News

UNAIR News

Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).

Leave Reply

Close Menu