Lailatul Rohmah, membanggakan orang tuanya. (Foto: Ist)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Berangkat dari skripsi yang berjudul “Pengaruh Pemberian Ekstrak Kulit Semangka (Citrullus Lanatus) Terhadap Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa Tikus (Rattus Norvegicus) dengan Paparan Suhu Panas”, Lailatul Rohmah meraih predikat wisudawan terbaik Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) dalam wisuda Universitas Airlangga, September 2017. Ia meraih IPK 3,62.

Dalam penelitian itu, Lailatul sapaan akrabnya, membahas kandungan dalam kulit semangka sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan kualitas sperma yang terkena stress panas dan diuji dengan melihat presentase kemungkinan untuk hidup.

”Manfaat penelitian ini, semoga bisa memberikan informasi mengenai kandungan kulit semangka yang biasanya tidak bermanfaat dan dibuang alias jadi limbah, tapi bisa bermanfaat untuk menangkal radikal bebas karena mengandung banyak antioksidan di dalamnya,” kata gadis kelahiran Kota Soto Lamongan tahun 1995 ini.

Ditanyai mengenai suka dukanya selama penulisan skripsi, gadis lulusan SMAN 9 Surabaya ini mengaku harus melakukan penelitian cukup lama. Hal ini karena memang objek yang diambil hewan yang memiliki siklus spermatogenesis lama. “Harus lebih dari satu bulan saya menunggu siklus itu. Belum nanti di laboratoriumnya,” katanya.

IPK yang diraihnya membuat Lailatul bangga. Karena ini bagian perjuangannya untuk bisa membanggakan semua orang. Gadis yang pernah magang di PT Super Unggas Jaya Pasuruan ini ingin studi profesinya tahun ini berjalan lancar dan tepat waktu, agar cepat bisa menyalurkan ilmunya.

”Keinginanku biar dikasih kelancaran lagi buat kuliah pendidikan profesi dokter hewan. Diberi ilmu lebih banyak, pengalaman lebih banyak, semoga bisa mempertahankan nilai yang kemarin, kalau bisa semakin naik,” ujar Lailatul.

Lailatul membagikan semangat untuk mahasiswa yang sedang berjuang menggapai asa, bahwa waktu kuliah itu sangat singkat, maka tidak boleh disia-siakan, harus dimanfaatkan sebaik mungkin. “Coba kegiatan apa saja yang disuka. Tanamkan di hati kalau kalian harus jadi yang terbaik, usahakan semaksimal mungkin agar bisa membanggakan orang tua,” pungkasnya.(*)

Penulis: Ainul Fitria

Editor : Nuri Hermawan, Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
mm
Media komunikasi dan informasi seputar kampus Universitas Airlangga (Unair).