telaten
Ria Hesty Purnamasari, di kampusnya, FST UNAIR. (Foto: Ist)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Berawal dari rasa cintanya terhadap mata kuliah Kimia Organik, Ria Hesty Purnamasari, belajar dengan tekun dan meraih predikat wisudawan terbaik Prodi S-1 Kimia S-1 Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga, periode September 2017. Ia lulus dengan IPK 3,79.

Ketelatenannya selama kuliah mengantarkannya menjadi salah satu mahasiswa program fast track Magister Kimia UNAIR tahun 2016. Sebelumnya, ia pernah meraih Juara II Mawapres FST 2016 dan Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Green Innovation for The Better Future of Indonesia 2014.

Mengangkat penelitian berjudul “Pengaruh Katalis Terhadap Sintesis Etil-5-Metil-7-(1-Metil-2-Fenil-Vinil)-4, 7-Dihidrotetrazolo [1,5-a] Pirimidin-6-Karboksilat Menggunakan Modifikasi Reaksi Biginelli”, ia mengatakan hasil penelitian dengan metode berbasis Green Chemistry yang ia lakukan dapat dijadikan sebagai obat anti kanker.

“Ini hal baru dan belum ada yang meneliti sebelumnya. Hasil sintesis yang saya peroleh memiliki aktivitas biologis, salah satunya sebagai anti kanker. Harapan saya, penelitian ini dapat dijadikan tambahan informasi di bidang kesehatan, khususnya pengobatan,” kata cewek asal Madura ini.

Perjalanan risetnya sempat harus mengulang dari awal ketika senyawa hasil sintesisnya jatuh dan pecah. Hambatan demi hambatan itu akhirnya tuntas tepat waktu berkat kegigihan dan keuletannya dalam menyelesaikan segala hal. “Saat hasil sintesis saya jatuh dan pecah, itu yang membuat penelitian saya terhambat,” jelasnya.

Aktivis Himpunan Mahasiswa Kimia (HIMAKI) dan Forum Mahasiswa Madura (FORMARA) ini mengaku, tidak ada kiat khusus untuk meperoleh predikat membanggakan ini. Yang terpenting harus mengerti mana yang dikerjakan dulu dan mana yang bisa dikesampingkan.

“Segera laksanakan rencana keberhasilanmu hari ini, jangan tunda lagi, jangan buang waktu karena waktu tidak bisa menunggu,” begitu motto yang di gadang-gadang wisudawan terbaik FST ini.(*)

Penulis: Disih Sugianti

Editor: Binti Q. Masruroh, Bes

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone