pandai
Sartika Wulandari, ketika di suatu ruang berkaca. (Foto: Ist)
ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone
image_pdfimage_print

UNAIR NEWS – Merangkap tugas dan peran sebagai ibu, perawat, sekaligus mahasiswa sungguh tidak mudah. Terlebih ketika peran penting itu harus dilakukan bersamaan. Itulah yang dilakukan Sartika Wulandari, wisudawan terbaik S-2 Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Ia meraih IPK 3,91.

Perempuan kelahiran 22 Desember 1984 ini mengujarkan, perjuangan terberat yang ia lakoni saat menempuh pendidikan Master di Keperawatan UNAIR adalah saat menjadi mahasiswa dengan berperan sebagai ibu dan perawat di Rumah Sakit UNAIR. Tidak jarang, ibu satu anak ini harus mengorbankan satu perannya untuk peran lain agar lebih optimal.

“Misalnya di akhir semester, tugas kuliah dan ujian menumpuk, terpaksa harus merelakan mengurung diri di kamar dan mendengar anak menangis ingin bermain dengan bundanya. Beruntung suami selalu siap sedia berbagi tugas dalam mengasuh anak,” kata penghobi novel metropop ini.

Di dalam dunia kerja pun, Sartika sering berbagi tugas dengan rekannya. Saat mengikuti program pertukaran mahasiswa di The Japanese Red Cross Kyushu International College of Nursing (JRCKICN) di Fukuoka, Jepang, selama lebih dari dua minggu, ia rela berbagi tugas dengan sesama perawat.

”Bersyukur teman-teman sangat memahami kondisi saya dan tanpa diminta selalu menawarkan bantuan saat saya kesulitan membagi waktu,” paparnya.

Menjadi mahasiswa berprestasi, sarannya, harus bisa mengatur manajemen waktu yang baik sesuai prioritas. Itu yang harus dijalani, terlebih jika kuliah sambil bekerja. “Buatlah jadwal mingguan dan harian, apa yang harus dikerjakan. Di awal minggu saya biasanya membuat daftar tugas itu, selanjutnya membuat prioritas mana yang harus dikerjakan dulu dan di-mapping dalam jadwal harian dan mingguan,” jelasnya.

“Usahakan sebisa mungkin tidak menunda yang harus dikerjakan sesuai jadwal yang sudah dibuat,” tambahnya. (*)

Penulis: Nuri Hermawan

Editor: Binti Q. Masruroh/bes.

ShareShare on Facebook0Tweet about this on Twitter0Email this to someone